Indonesian Journal Of Educational Research and Review
Vol. 2 No. 2: July 2019

META-ANALISIS EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA

Siti Khomaidah (Jurusan PGSD, Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga,)
Nyoto Harjono (Jurusan PGSD, Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga,)



Article Info

Publish Date
16 Apr 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis penggunaan media animasi terhadap hasil belajar IPA siswa Sekolah Dasar. Dalam penelitian ini metode yang digunakan berupa meta analisis dengan cara menganalisis data-data tentang pengaruh media animasi terhadap hasil belajar IPA siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini di awali dengan merumuskan topik penelitian, menelusuri hasil penelitian yang relevan untuk di analisis. Data dikumpulkan dengan menelusuri jurnal online dan skripsi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis diskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis penggunaan media animasi pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar mampu meningkatkan hasil belajar IPA siswa Sekolah Dasar mulai dari yang terendah 3.93% sampai yang tertinggi 98.76% dengan rata-rata 27.009%. Kata Kunci: Meta analisis, hasil belajar, media animasi.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

IJERR

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Indonesian Journal ...