Indonesian Journal Of Educational Research and Review
Vol. 2 No. 2: July 2019

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATA PEMBELAJARAN COREL DRAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DI RANAH PSIKOMOTOR

I Putu Suarbawa (SMK Negeri 1 Sukasada)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Corell Draw siswa kelas X DKV SMK Negeri 1 Sukasada tahun pelajaran 2018/2019 dengan penerapan model pembelajaran  Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas X DKV SMK Negeri 1 Sukasada tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 28 orang. Data dianalisis menggunakan kuantitaif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan Terjadi peningkatan hasil belajar Corel Draw pada siklus I dengan rata-rata sebesar 74,29  yang termasuk ke dalam kategori kurang, dengan sedangkan ketuntasan klasikal sebesar 53,57 %. Sedangkan pada siklus II rata-rata Corel Draw siswa sebesar 88,75 yang termasuk klasifikasi baik, dengan daya dan ketuntasan klasikal sebesar 100% dari 28 siswa. Dari analisis data di atas model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar Corell Draw siswa. Kata Kunci : Hasil belajar Corell Draw, model pembelajaran Problem Based Learning (PBL

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

IJERR

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Indonesian Journal ...