Indonesian Journal Of Educational Research and Review
Vol. 2 No. 3: October 2019

KEEFEKTIFAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Ardhita Dian Aslami (Jurusan PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang)
Moh. Aniq KHB (Jurusan PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang)
Diana Endah H (Jurusan PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model Cooperative Learning tipe Talking Stick terhadap mata pelajaran matematika siswa kelas II SD Negerti Tambakrejo 02 Semarang.. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode pre-experimental design tipe one group pretest-posttest (tes awal-tes akhir kelompok tunggal).  Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri Tambakrejo 01 Semarang yang berjumlah 26 orang. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara, dokumentasi, tes, dan observasi. Data yang diperoleh yaitu rata-rata nilai posttest analisis uji t di peroleh t hitung > t tabel yaitu 5,535 > 2,06 sehingga H0 di tolak dan Ha diterima, dari pengujian ketuntasan belajar individu nilai diatas KKM (65.00) seluruh peserta didik berjumlah 26 siswa  lulus KKM  dengan nilai tuntas dari KKM, dan dari pengujian ketuntasan belajar klasikal hasil belajar peserta didik secara keseluruhan mencapai persentase 100%. Meningkatnya hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah di beri perlakuan berupa pemberian model Cooperative Learning tipe Talking Stick yang ditunjukan dengan hasil nilai rata-rata posttest yang meningkat.  

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

IJERR

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Indonesian Journal ...