Indonesian Journal Of Educational Research and Review
Vol. 2 No. 3: October 2019

PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP KONTROL DIRI

Alga Bisma Nugraha (Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang)
G. Rohastono Ajie (Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama terhadap kontrol diri siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif melalui metode penelitian true experimental design dengan model pre-test post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah 69 siswa. Sampel dalam penelitian yaitu 20 siswa kelas X SMK Nusa Bangsa Demak yang diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Alat pengumpul data yang dipergunakan adalah skala kontrol diri. Berdasarkan hasil analisis uji hipotesis diperoleh hasil thitung = 3,62. Selanjutnya dikonsultasikan dengan ttabel dengan taraf signifikansi 5% (0.05) yaitu 2,100. Hal tersebut menunjukkan bahwa thitung = 3,62 > ttabel = 2,100. Atas dasar perhitungan tersebut maka hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi “ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama terhadap kontrol diri  diri siswa kelas X SMK Nusa Bangsa Demak tahun pelajaran 2019/2020” diterima kebenarannya pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dapat meningkatkan kontrol diri siswa.  

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

IJERR

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Indonesian Journal ...