Akuntansi dan Humaniora: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 1 No. 2 (2022): Akuntansi dan Humaniora: Jurnal Pengabdian Masyarakat (Juni – September 2022)

Strategi Pemasaran Untuk Menjaga Keberlanjutan Kehidupan Umkm Peran Motivasi Dan Teknologi Di Era Pandemi Covid-19

Aldina SHIRATINA (Universitas Mercu Buana Jakarta, Indonesia.)
Ngadino SURIP (Universitas Mercu Buana Jakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Menjaga keberlangsungan strategi pemasaran UMKM di era pandemi covid-19 dengan peran motivasi dan teknologi. Salah satu langkah yang dapat dilakukan para pelaku UMKM adalah dengan mengoptimalkan digital marketing khususnya dalam meningkatkan social media marketing, online advertising, video marketing, search engine marketing, dan website management. Dengan digitalisasi pemasaran, para pelaku UMKM diharapkan dapat meningkatkan penjualan dan engagement online untuk mengembangkan skala usaha di masa pandemi Covid-19. Ketepatan dalam pemilihan media, yaitu dengan perkembangan teknologi, dengan tren perilaku konsumen di media elektronik atau penggunaan teknologi, secara otomatis memberikan opini yang menimbulkan pertimbangan bagi calon konsumen lain untuk melakukan pembelian. Melalui sosialisasi mengenai situasi pandemi Covid-19 ini, beberapa hal yang telah dilakukan UMKM di Kota Jakarta menyampaikan beberapa alternatif solusi yang dapat dilakukan. Dengan kata lain, model kewirausahaan digital dengan penerapan teknologi akan mendorong terciptanya inovasi-inovasi untuk menciptakan ekosistem baru bagi UMKM yang dapat meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Dengan memberikan informasi tentang solusi dalam teknik ini, pelaku UMKM akan terus termotivasi untuk menggunakan teknologi dalam jaringan untuk memasarkan produknya. Selain itu, terapkan motivasi bagi pelaku UMKM untuk memanfaatkan era digitalisasi saat ini agar dapat melakukan pemasaran di masa pandemi Covid-19 dengan keuntungan yang baik serta produk dan layanan dapat lebih dikenal oleh konsumen yang mengakses platform digital UMKM.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ahjpm

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

ruang lingkup Akuntansi dan Humaniora: Jurnal Pengabdian Masyarakat yaitu, Akuntansi yang merupakan sebagai kegiatan kepada masyarakat yang memberikan manfaat dan pembangunan yang berkelanjutan yang meliputi UMKM, Pembinaan Desa, Akuntansi Desa, Dampak Teknologi bagi masyarakat Desa dan penelitian ...