Negara Indonesia merupakan Negara Maritim dengan beribu pulau dan mempunyai laut teritorial yang luas. Laut adalah suatu penghubung pulau dengan pulau lainnya dan merupakan salah satu sumber pencaharian bagi masyarakat Indonesia. Karena letak geografisnya yang strategis dan besar luas perairan Indonesia berbatasan langsung di laut dengan 10 negara. Ada berbagai kegiatan yang dilakukan seperti pengiriman barang. Kapal berlayar menuju tempat tujuan dan sandar di pelabuhan. Pelabuhan Menurut Bambang Triatmodjo adalah daerah perairan yang terlindung terhadap gelombang, yang dilengkapi dengan fasilitas terminal laut meliputi dermaga dimana kapal dapat bertambat untuk bongkar muat barang, krankran (crane) untuk bongkar muat barang, gudang laut tujuan dan sandar di pelabuhan.(transit) dan tempat-tempat penyimpanan dimana kapal membongkar muatannya,dan gudang-gudang di mana barang-barang dapat disimpan dalam waktu yang lebih lama selama menunggu pengiriman ke daerah tujuan atau pengapalan Antrian merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari. Antrian terjadi bilamana banyaknya pelanggan yang akan dilayani melebihi kapasitas layanan yang tersedia. Situasi antrian tersebut dapat ditemukan pada beberapa kejadian salah satunya adalah pada PT.Prima Terminal Peti Kemas. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah memberikan pelatihan bagaimana mengoptimalkan pelayanan antrian Receive dan Delivery Container sehingga tidak terjadi penumpukan di dermaga maupun di gudang penyimpanan. Kata Kunci : Optimasi Pelayanan, Receive dan Delivery container
Copyrights © 2022