Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran mode Cooperative Integrated Reading and Composition atau CIRC terhadap hasil pembelajaran PKn pada kelas IV MIN 4 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimental, dengan rancangan penelitian eksperimental yang diusulkan (non-equivalent control group design), dengan menggunakan pre-test dan post-test peneliti menggunakan dua kelas, kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas IV-A merupakan kelas eksperimen dengan jumlah siswa 15 siswa, dan kelas IV-B merupakan kelas kontrol dengan jumlah siswa 15 siswa. Berdasarkan penelitian Medan IV MIN kategori 4 menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran CIRC berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pkn. Hal ini dapat dilihat berdasarkan rata-rata dari hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran CIRC adalah 83,33 sedangkan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional adalah 76,33. Berdasarkan dari hasil uji t di mana diperoleh Sig.(2.tailed) < 0,05 (0,00 < 0,05).
Copyrights © 2021