Permasalahan yang ditemukan di lokasi penelitian, yaitu siswa kelas VIII MTs Swasta Miftahul Jannah Tanjung Pura yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan pendekatan model pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM) menunjukkan pemahaman materi Fikih secara signifikan lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran secara biasa. Hal ini terlihat dari skor rata-rata kemampuan dan pemahaman siswa pada bidang studi Fikih; Kemampuan pemahaman siswa Kelas VIII MTs Swasta Miftahul Jannah dapat dilakukan dengan menerapkan model PAIKEM; Terdapat hubungan yang signifikan antara peningkatan kemampuan pemahaman melalui model PAIKEM di Kelas VIII MTs Swasta Miftahul Jannah. Sikap siswa selama mengikuti pembelajaran Fikih terlihat baik yaitu siswa memiliki semangat mengikuti kegiatan belajar di kelas, siswa terlihat lebih antusias dalam aktivitas belajar serta komunikasi yang terjadi selama proses pembelajaran di kelas berjalan efektif, sehubungan komunikasi tersebut berjalan dua arah, yaitu dari guru kepada siswa dan sebaliknya dari siswa kepada guru; Aktivitas siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model PAIKEM lebih aktif dalam belajar di kelas dan siswa yang mendapatkan penerapan model PAIKEM lebih aktif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman siswa, dan juga siswa lebih berani mengemukakan atau mengajukan pertanyaan kepada guru, serta lebih kreatif dalam menyelesaikan permasalahan yang diberikan, sehingga kemampuan pemahaman siswa Kelas VIII MTs Swasta Miftahul Jannah dapat meningkat melalui penerapan model PAIKEM.
Copyrights © 2022