Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 2 No. 1 (2022): Februari-Mei 2022

Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Melalui Pemberian Tugas Berbasis Portofolio pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VIII MTs Al-Washliyah Pangkalan Berandan

Nita Karisma (Sekolah Tinggi Agama Islam Jam'iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat)
Muhammad Saleh (Sekolah Tinggi Agama Islam Jam'iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat)
Satria Wiguna (Sekolah Tinggi Agama Islam Jam'iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat)



Article Info

Publish Date
11 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa upaya peningkatan prestasi belajar siswa melalui pemberian tugas berbasis portofolio. Prestasi belajar pada umumnya berkenaan dengan aspek pengetahuan, sedangkan hasil belajar meliputi aspek pembentukan watak peserta didik. Kata prestasi banyak digunakan dalam berbagai bidang dan kegiatan antara lain dalam kesenian, olah raga, dan pendidikan, khususnya pembelajaran. Peneliti memberikan tugas kepeserta didik berbasis portofolio, Dalam area pendidikan, portofolio tidak hanya digunakan di sekolah, tetapi juga di lembaga pendidikan guru. Corak portofolio adalah ditentukan oleh tujuan dibuatnya portofolio. Tujuan portofolio akan mempengaruhi pertimbangan rancangan (desain) isi dan seleksi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prestasi belajar melalui pemberian tugas berbasis portofolio siswa pada siklus I sebesar 47,22%, kemudian meningkat 88,88% pada siklus II.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...