Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 2 No. 1 (2022): Februari-Mei 2022

Upaya Meningkatkan Minat Belajar Melalui Model Pembelajaran Moving Class pada Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Satu Atap Pasar Rawa Gebang

Sherly Amalia (Sekolah Tinggi Agama Islam Jam'iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat)
Syahrul Kodrah (Sekolah Tinggi Agama Islam Jam'iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat)
M. Hasbullah (Sekolah Tinggi Agama Islam Jam'iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat)



Article Info

Publish Date
11 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena SMP Negeri 3 Satu Atap Pasar Rawa Gebang masih menggunakan sistem pembelajaran yang lama. Dengan menggunakan sistem Moving Class diharapkan mampu meningkatkan keaktifan dan minat belajar siswa. Model pembelajaran Moving Class mempunyai cirri khas kelas pribadi dengan sesuai mata pelajarannya dengan perpindahan kelas siswa merasa akan lebih fresh dan tidak mudah bosan dalam menerima pelajaran yang diajarkan oleh guru. Perpindahan kelas disini bukan hanya diartikan sebagai perpindahan antara ruang kelas saja, tetapi dapat juga meliputi kegiatan belajar yang dilakukan dihalaman sekolah, diskusi di masjid, atau mencari literature diperpustakaan. Kendala yang didapat saat melaksanakan sistem Moving Class yaitu, kelasnya harus banyak fasilitasnya harus lengkap dan media yang memadai, kebersihan kelas harus terjaga, tepat waktu saat berpindah kelas. Dari pengamatan sementara, pelaksanaan Moving Class masih belum banyak diterapkan oleh sekolah tetapi juga sekolah sudah menerapkan sistem ini. Untuk itu peneliti akan menjelaskan tentang Moving Class sehingga para pembaca mempunyai gambaran tentang Moving Class dan bagaimana menerapkannya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...