Indonesian Journal of Community Services in Engineering & Education (IJOCSEE)
Vol 2, No 1 (2022): April 2022

Pelatihan Media Pembelajaran Digital Berbasis Canva bagi Guru di SDN 9 Nagrikaler Purwakarta

Putri Ayunia Lestari (Universitas Pendidikan Indonesia)
Evi Nurhikmah (UPI, Universitas Pendidikan Indonesia, Purwakarta)
Fauziah Farhani (UPI, Universitas Pendidikan Indonesia, Purwakarta)
Hanifah Pauziah (UPI, Universitas Pendidikan Indonesia, Purwakarta)
Iis Winati (UPI, Universitas Pendidikan Indonesia, Purwakarta)
Ovie Ayunda Rahmaputri Isnawan (UPI, Universitas Pendidikan Indonesia, Purwakarta)
Anwar Mulyana (UPTD SDN 9 Nagrikaler, Purwakarta)
Puji Rahayu (UPI, Universitas Pendidikan Indonesia, Purwakarta)
Fitri Nuraeni (UPI, Universitas Pendidikan Indonesia, Purwakarta)
Diniya Diniya (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Oktian Fajar Nugroho (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2022

Abstract

Di abad 21 ini guru harus mengembangkan literasi digital, terutama dalam menciptakan media pembelajaran. Pelatihan membuat media pembelajaran menggunakan Canva diadakan untuk meningkatkan keterampilan dan literasi digital guru di SDN 9 Nagrikaler, Purwakarta. Kegiatan ini berjalan dalam 3 fase yakni pra pelatihan, pelatihan dan pasca pelatihan. Tahap pra pelatihan yakni tahap persiapan, seperti penyusunan acara, mengurus perizinan, mempersiapkan materi dan kuesioner. Tahap Pelaksanaan atau inti kegiatan pelatihan, dimulai dengan pemberian kuesioner pra pelatihan, pematerian, serta pelatihan dan pembimbingan pembuatan media pembelajaran digital menggunakan Canva. Terakhir tahap pasca pelatihan atau evaluasi yakni pemberian kuesioner pasca pelatihan, penugasan/pembuatan proyek oleh peserta, serta pengaplikasian media pembelajaan tersebut dalam pembelajaran. Hasil pelatihan ini menunjukkan bahwa 85% guru memberikan persepsi positif serta tertarik untuk menggunakan Canva untuk membuat media pembelajaran digital dan 85% guru berpendapat bahwa Canva mudah digunakan dan meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Berdasarkan pelaksanaan pelatihan, dapat disimpulkan bahwa pelatihan Canva ini dapat meningkatkan kemampuan literasi digital guru serta dapat menambah keberagaman media pembelajaran untuk memotivasi belajar peserta didik. Pelatihan canva ini memiliki dampak terhadap pembelajaran diantaranya guru dapat mengetahui cara pembuatan media pembelajaran yang lebih kreatif, pembelajaran menjadi lebih berkreasi dan tidak monoton, terdapat perubahan dari pembelajaran yang hanya biasa saja menjadi lebih baik dan menyenangkan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

IJOCSEE

Publisher

Subject

Engineering Other

Description

Indonesian Journal of Community Services in Engineering & Education (IJOCSEE) by Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Purwakarta is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International ...