Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
Vol. 10 No. 2 (2021): September 2021

ANALISIS PEMAHAMAN SISWA DALAM MEMECAHKAN PERMASALAHAN ETNOMATEMATIKA DARI SUDUT PANDANG THREE READ PPROTOCOL

I Putu Ade Andre Payadnya (a:1:{s:5:"en_US"
s:34:"Universitas Mahasaraswati Denpasar"
})

Trisna Jayantika I Gusti Agung Ngurah (Universitas PGRI Mahadewa Indonesia)
Rahayu Puspadewi Kadek (Universitas mahasaraswati)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman siswa dalam memecahkan masalah etnomatematika dari sudut pandang Three Reading Protocol pada materi bangun datar. Permasalahan etnomathematika adalah permasalahan matematika yang dipraktikkan oleh kelompok budaya, seperti masyarakat perkotaan dan pedesaan, kelompok buruh, anak-anak dari kelompok usia tertentu, masyarakat adat, dan lainnya. Desain penelitian bersifat deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 46 siswa SMP Widiatmika pada tahun akademik 2020/2021. Metode pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dengan tahap-tahap berikut: reduksi data, presentasi data, serta penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa kemampuan siswa dalam memahami masalah etnomathematika dari sudut pandang Three Read Protocol masih kurang dengan persentase 43,47%. Siswa tidak mampu mengikuti First Reading dimana siswa harus memahami situasi yang diberikan serta mampu mendeskripsikan situasi yang diberikan. Selain itu, siswa juga kurang dalam Second Reading yang mana mengharuskan siswa mampu memperoleh informasi berupa bilangan dan kuantitas dari situasi yang diberikan sehingga siswa melakukan kesalahan perhitungan dalam penyelesaian masalah. Aran yang dapat diberikan adalah hendaknya eorang guru menyusun pembelajaran yang lebih berorientasi pada pemahaman permasalahan matematika.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

emasains

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education Environmental Science Mathematics

Description

Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains is a mathematics and science education journal which published and managed by the FKIP Education University PGRI Mahadewa Indonesia. This journal is published twice a year, namely March and September. Contains Indonesian-language writings derived from ...