Bosowa Journal of Education
Vol 2 No 1 (2021): Bosowa Journal of Education, Desember 2021

Pengaruh Pemberian Penguatan Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN Se-Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang

Evi Syarah (Sekolah Dasar Islam Terpadu AL Insan Pinrang)
Asdar Asdar (Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa)
Mas'ud Muhamadiyah (Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Bosowa)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk pendeskripsian jenis-jenis penguatan yang diberikan guru pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V SDN Se- Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang, (2) Untuk pendeskripsian gambaran motivasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V SDN Se- Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang, dan 3) Untuk pendeskripsian pengaruh pemberian penguatan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas V SDN Se- Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang.  Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian kuantitatif dengan menggunakan expostfacto (kausal komparatif). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) Jenis-jenis pemberian penguatan guru pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN Se- Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang secara maksimal tercapai melalui penguatan berupa verbal, nonverbal dan penghargaan yang diberikan kepada siswa yang telah menuntaskan proses pembelajaran yang diberikan oleh guru, (2) Gambaran motivasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas V SDN Se- Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang berupa motivasi instrinsik dan motivasi ekstrinsik. Motivasi instrinsik berupa adanya motivasi diri dengan menumbuhkan rasa percaya dalam diri. Motivasi ekstrinsik berupa adanya dukungan atau pembelajaran sebaya, dan media pembelajaran yang mendukung dalam proses pembelajaran, dan (3) Hasil Rhitung 0.488 > Rtabel 0. 334. Nilai signifikansi pengaruh  penguatan yang diberikan kepada siswa terhadap motivasi belajar sebesar 0,003 yang berarti lebih kecil dari 0,01 hal tersebut dapat disimpulkan data tersebut adalah adanya hubungan antara penguatan yang diberikan kepada siswa terhadap motivasi belajar. This study aims (1) to describe the types of reinforcement given by the teachers to the Indonesian language subject for class V Primary Schools in Suppa District, Pinrang Regency, (2) to describe the picture of student learning motivation in Indonesian language subject in class V Primary Schools in Suppa District, Pinrang Regency, and 3) to describe the effect of providing reinforcement on students' learning motivation in Indonesian language subject in class V Primary Schools in Suppa District, Pinrang Regency. The research method used is quantitative research using ex post facto (comparative causal). Based on the results of the study, it was concluded that (1) The types of teachers’ reinforcement in Indonesian Language Subject for class V Primary Schools in Suppa District, Pinrang Regency were maximally achieved through reinforcement in the form of verbal, nonverbal and awards given to students who had completed the given learning process by the Teachers, (2) The description of students' learning motivation in Indonesian Subject for Class V at Primary Schools in Suppa District, Pinrang Regency in the form of intrinsic motivation and extrinsic motivation. Intrinsic motivation is in the form of self-motivation by growing self-confidence. Extrinsic motivation in the form of support or peer learning, and learning media that supports the learning process and (3) the results of R-count 0.488 > R-table 0.334. The significance value of the effect of reinforcement given to students on learning motivation is 0.003 which means it is smaller than 0.01. It can be concluded from the data that there is a relationship between the reinforcement given to students and their motivation to learn.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpe

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Bosowa Journal of Education menerbitkan artikel yang pada bidang pendidikan dasar, pendidikan bahasa inggris, pendidikan sains, pendidikan matematika, pendidikan bahasa dan sastra indonesia dan pendidikan anak usia ...