Sosial Budaya
Vol 11, No 2 (2014): Juli - Desember 2014

ANALISIS KONTRASTIF PENULISAN ARAB MELAYU RIAU DAN PENULISAN BAHASA ARAB SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PENGAJARAN BAHASA ARAB (Analisis Kontrastif Penulisan Kosa Kata Bahasa Indonesia yang Diadobsi dari Bahasa Arab)

Efendi, Aprijon (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2015

Abstract

Pada kaedah penulisan Arab Melayu klasik, semua kosa-kata yang berasal dari bahasa Arab mesti ditulis sesuai dengan tulisan bahasa asalnya yaitu bahasa Arab itu sendiri. Namun, pada kaedah penulisan Arab Melayu Riau saat ini, semua kosa-kata ditulis sesuai dengan konsonannya tanpa membedakan antara kosa-kata yang berasal dari bahasa Arab atau bukan bahasa Arab. Implikasi dari pergeseran kaedah penulisan ini, banyak kosa kata yang diadobsi dari bahasa Arab berbeda penulisannya dari bentuk asalnya. Perbedaan penulisan yang kontras ini menyebabkan banyak peserta didik, baik di tingkat sekolah menengah maupun perguruan tinggi salah dalam menulis nama sendiri, nama pahlawan, nama jalan, nama instansi, yayasan, dan kosa kata lainnya yang berasal dari bahasa Arab. Akibat dari kesalahan tersebut tidak hanya sekedar salah dilihat dari segi kaedah, bahkan juga dapat merubah makna kata dari makna asalnya dalam bahasa Arab. Jika hal ini tidak dikaji ulang, maka misi penulisan Arab Melayu tidak lagi untuk mendekatkan penggunanya agar mudah mempelajari bahasa Arab, akan tetapi keberadaannya akan mengganggu kesuksesan pengajaran bahasa Arab di bumi Lancang Kuning

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

SosialBudaya

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Sosial Budaya (Online ISSN 2407-1684 | Print ISSN 1979-2603), merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UIN Sultan Syarif Kasim Riau sejak tahun 2007. Jurnal Sosial Budaya ini merupakan media yang memuat kajian-kajian ilmiah dalam bentuk hasil ...