Daiwi Widya : Jurnal Pendidikan FKIP Unipas
Vol 2, No 3 (2015)

MODEL DIRECT INSTRUCTION DENGAN METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn SISWA KELAS V SEMESTER II DI SD NEGERI 1 SERIRIT

Gede Ranuh (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2015

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Seririt di Kelas V yang prestasi belajarnya masih rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah model Direct Instruction dengan metode Diskusi Kelompok Kecil dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model Direct Instruction dengan metode Diskusi Kelompok Kecil dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil rata-rata siswa yang diperoleh pada awalnya sebesar 64,63 setelah diberikan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 67,7 dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 73,8 Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model Direct Instruction dengan metode Diskusi Kelompok Kecil dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Seririt.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

DW

Publisher

Subject

Education

Description

"Daiwi Widya" is a journal of education that is managed by the Faculty of Teacher Training and Education, University of Panji Sakti. It aims at accomodating the results of studies or researches or reviews in the field of education. Daiwi Widya publishes research results that review educational ...