cover
Contact Name
Jhon Hardy Purba
Contact Email
daiwiwidya1@gmail.com
Phone
+6287762695157
Journal Mail Official
daiwiwidya1@gmail.com
Editorial Address
https://ejournal.unipas.ac.id/index.php/DW/about/editorialTeam
Location
Kab. buleleng,
Bali
INDONESIA
Daiwi Widya : Jurnal Pendidikan FKIP Unipas
ISSN : 2406730X     EISSN : 26227169     DOI : https://doi.org/10.37637
Core Subject : Education,
"Daiwi Widya" is a journal of education that is managed by the Faculty of Teacher Training and Education, University of Panji Sakti. It aims at accomodating the results of studies or researches or reviews in the field of education. Daiwi Widya publishes research results that review educational processes in terms of educational methods, educational models, case studies particularly educational studies and classroom action research. The incoming articles are reviewed by Expert Editors who are accordance with the field of educational scholarship totaling five people. Daiwi Widya is published twice each volume that is June, December and special edition. The purpose of this educational journal is to publish conceptual thoughts or ideas and research results obtained in the field of education. The major focus of this journal is in the development of science particularly in the field of education.
Articles 406 Documents
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENJASORKES MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN LATIHAN TERBIMBING SD NEGERI 1 PAKET AGUNG I Made Supatika
Daiwi Widya Vol 3, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Panji Sakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (145.957 KB) | DOI: 10.37637/dw.v3i2.52

Abstract

Kemajuan mutu pendidikan utamanya peningkatan proses pembelajaran yang dilakukan guru di sekolah akan mampu diupayakan lewat sebuah penelitian tindakan. Oleh karenanya penulis mencoba melakukan penelitian ini demi adanya upaya perbaikan tersebut. Tujuan tersebut lebih jelas lagi dan lebih terfokus lagi adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini mengambil objek pada kelas V di SD N 1 Paket Agung yang belajar pada semester II tahun pelajaran 2014/2015. Peningkatan prestasi belajar tersebut datanya diperoleh lewat pemberian tes, setelah data diperoleh, selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Perolehan data hasil penelitian ini, ternyata menggembirakan setelah cara pembelajaran yang konvensional dirubah menggunakan metode latihan terbimbing / model pembelajaran kooperatif. Kegiatan penelitian ini menghasilkan suatu peningkatan yang diharapkan yaitu meningkatnya perolehan data awal yang baru mencapai 72,88 dengan ketuntasan belajar 67,44% pada siklus I naik menjadi 75,51 dengan ketuntasan belajar 88,37%. Hasil tersebut membuktikan keberhasilan penelitian ini sehingga peneliti berkesimpulan bahwa penerapan metode latihan terbimbing / model pembelajaran kooperatif dalam pelaksanaan proses pembelajaran mampu meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V di SD Negeri 1 Paket Agung
MODEL DIRECT INSTRUCTION DENGAN METODE DISKUSI KELOMPOK KECIL SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn SISWA KELAS V SEMESTER II DI SD NEGERI 1 SERIRIT Gede Ranuh
Daiwi Widya Vol 2, No 3 (2015)
Publisher : Universitas Panji Sakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (102.142 KB) | DOI: 10.37637/dw.v2i3.151

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 Seririt di Kelas V yang prestasi belajarnya masih rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah model Direct Instruction dengan metode Diskusi Kelompok Kecil dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model Direct Instruction dengan metode Diskusi Kelompok Kecil dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil rata-rata siswa yang diperoleh pada awalnya sebesar 64,63 setelah diberikan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 67,7 dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 73,8 Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model Direct Instruction dengan metode Diskusi Kelompok Kecil dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Seririt.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CTL DENGAN MODEL TUTORIAL DALAM PEMBELAJARAN BENTUK ALJABAR PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SINGARAJA Nyoman Seri Andayani
Daiwi Widya Vol 5, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Panji Sakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (188.603 KB) | DOI: 10.37637/dw.v5i1.20

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Singaraja di Kelas VIIH yang kemampuan siswanya untuk mata pelajaran Matematika rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Contextual Teaching And Learning dengan model Tutorial dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Contextual Teaching And Learning dengan model Tutorial dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya baru mencapai nilai rata-rata 64,8 dengan ketuntasan belajar 31,3% pada Siklus I meningkat menjadi 68,6 dengan ketuntasan belajar 53,1% dan pada Siklus II meningkat lagi menjadi 72,5 dengan ketuntasan belajar 81,2%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Contextual Teaching And Learning dengan dengan model Tutorial dapat meningkatkan prestasi belajar.
CYBER COUNSELING BERBASIS COGNTIVE BEHAVIORAL Gede Danu Setiawan
Daiwi Widya Vol 8, No 3 (2021)
Publisher : Universitas Panji Sakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (234.114 KB)

Abstract

Pada masa revolusi industry 4.0 internet menjadi bagian kehidupan masyarakat modern, termasuk siswa. Media internet digunakan oleh para siswa untuk berkomunikasi, mencari sumber belajar, bermain, menonton video, youtube, mendengarkan musik, bisnis, dan lain sebagainya. Media tersebut mudah digunakan, memiliki asas kerahasiaan, praktis, dan dapat diakses dari mana saja, bahkan dapat diaplikasikan dalam layanan bimbingan dan konseling. Teramati terdapat kendala di sekolah yaitu keterbatasan waktu konselor dalam memberikan layanan konseling, sedangkan beban belajar siswa sangat padat, sehingga mereka kurang mendapat pelayanan konseling secara face to face. Oleh karena itu layanan konseling online atau disebut cybercounseling menjadi pilihan utama konselor sekolah. Model konseling yang dipilih di antaranya Konseling Kognitif Perilaku atau disebut dengan Cognituive Behavioral.
DEMONSTRASI BERBANTUAN MEDIA GAMBAR ALTERNATIF UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AGAMA HINDU I Nyoman Kastawa
Daiwi Widya Vol 1, No 3 (2014)
Publisher : Universitas Panji Sakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (124.769 KB) | DOI: 10.37637/dw.v1i3.118

Abstract

Penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SD Negeri 2 Klumpu di kelas IV pada semester I tahun ajaran 2012/2013 bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran Agama Hindu menggunakan metode demonstrasi berbantuan media gambar. Data hasil penelitian ini dikumpulkan dengan cara pemberian tes prestasi belajar. Dalam menganalisis data yang diperoleh digunakan metode analisis deskriptif. Data yang dihasilkan dari penelitian ini terdiri dari data awal, data siklus I dan data Siklus II. Dari data awal diperoleh rata-rata kelas baru mencapai nilai rata-rata 57 dan ketuntasan belajarnya baru mencapai 44%. Data ini jauh di bawah harapan mengingat KKM mata pelajaran Agama Hindu di sekolah ini adalah 70. Pada siklus I sudah terjadi peningkatan yaitu rata-rata kelasnya mencapai 60,56 dan prosentase ketuntasan belajar mencapai 72% Pada siklus II perolehan rata-rata kelas sudah mencapai 70,83 dan persentase ketuntasan belajarnya sudah mencapai 94%. Data pada Siklus II ini sudah sesuai harapan akibat penggunaan model pembelajaran yang sifatnya konstruktivis. Simpulan yang diperoleh adalah metode demonstrasi berbantuan media gambar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pelajaran Agama Hindu.
PENINGKATAN PEMBELAJARAN BOLA KASTI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 11 PADANGSAMBIAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016 I Nyoman Suparta
Daiwi Widya Vol 4, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Panji Sakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (269.473 KB) | DOI: 10.37637/dw.v4i2.11

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Pembelajaran Bola Kasti Melalui Pendekatan Bermain Pada Siswa Kelas V SD Negeri 11 Padangsambian Semester I Tahun Pelajaran 2015/2016. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah siswa sebanyak 45 orang. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data tentang aktivitas dan hasil belajar adalah metode observasi dan tes, dengan alat pengumpulan data berupa lembar observasi aktivitas siswa dan lembar soal-soal tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penggunaan media permainan ular tangga dalam pembelajaran penjaskes efektif meningkatkan aktivitas dan hasil belajar penjaskes siswa pada materi penjumlahan di kelas V. Pada semester I di SD Negeri 11 Padangsambian, masing-masing pada refleksi awal nilai Rata-Rata 60 prsentase 48,89,angka ini berada pada kategori kurang aktif dan dengan persentase hasil belajar sebesar 64,11 % angka ini berada pada kategori Cukup. Pada siklus I aktivitas belajar siswa sebesar nilai Rata-Rata 85,60dengan kategori aktif, dan hasil belajar sebesar 68,11% pada kategori Cukup. Pada siklus II diperoleh rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 87% dapat digolongkan pada kategori aktif, dan persentase hasil belajar siswa sebesar 81 sehingga melebihi KKM 70 angka ini berada pada kategori baik. Dikatakan efektif karena meningkatkan aktivitas dan hasil belajar penjaskes siswa kelas V di SD Negeri 11 Padangsambian.
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MELAKSANAKAN PROSES PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI KLINIK DI SD NEGERI 1 BATUMADEG TAHUN PELAJARAN 2017/2018 I Made Tassudiatmika
Daiwi Widya Vol 8, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Panji Sakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (341.923 KB)

Abstract

Belum sinerginya pemilihan metode dan mediadengan karakteristik materi dalam pembelajaran menjadi latar belakang penelitian ini, dan tujuan penelitian untuk meningkatkan sinergitas dan kualitas pembelajaran. Landasan teori dari penelitian ini adalah supervise klinis dan kemampuan guru dalam pembelajaran.Metode penelitian diantaranya setting naturalis dengan lokasi penelitian di SD Negeri 1 Batumadeg, dengan subjek 15 orang. Prosedur Penelitian mengikuti model Tindakan Model Elliot dengan jumlah tindakan dua siklus.Waktu penelitian dari bulan Juli sampai dengan Desember 2017.Metode pengumpulan data untuk tindakan adalah metode observasi untuk itu dibuat instrument pengumpulan data dalam bentuk format pengumpulan data.Metode analisis data deskriptif untuk menggambarkan proses tindakan dan data kuantitatif dianalisis dengan statistik univarian caranya mencari mean, modus dan median dengan indikator keberhasilan rerata 90 dengan ketuntasan klasikal 85%. Hasil penelitian menunjukkan rerata perolehan pada kegiatan pendahuluan skor 68,26 meningkat menjadi 82,8 pada siklus I dan meningkat menjadi 92,07 pada siklus II. Dengan demikian Supervisi klinis dapat meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran pada tahun pelajaran 2017/2018 di SD Negeri 1 Batumadeg.
APLIKASI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA Ketut Darkini
Daiwi Widya Vol 1, No 2 (2014)
Publisher : Universitas Panji Sakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (207.054 KB) | DOI: 10.37637/dw.v1i2.109

Abstract

Tujuan dari diadakannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya dalam mata pelajaram Bahasa Indonesia agar sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Belajar yang diharapkan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu : perencanaan, tindakan, observasi/pengamatan, dan refleksi. Dalam penelitian ini digunakan subjek penelitian diambil dari siswa kelas IV semester II yang berjumlah 34 orang yang tidak memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM). Objek penelitian yang disasar adalah hasil belajar Bahasa Indonesia siswa. Untuk mengetahui tingkat keberhasilan pelaksanaan tindakan dilakukan tes prestasi belajar yang kemudian data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari data awal sampai siklus II yaitu, data awal menunjukkan prestasi ketuntasan belajar mencapai 47%, siklus I meningkat menjadi 55%, siklus II meningkat menjadi 100%. Hal itu membuktikan bahwa model pembelajaran kuantum yang diterapkan guru dalam proses pembelajaran telah mampu meningkatkan prestasi belajar siswa dengan baik, serta metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran.
BIMBINGAN INDIVIDUAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN PRINSIP WHAT, WHY, WHAT FOR, DAN HOW UNTUK CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING Desak Gede Sukawati
Daiwi Widya Vol 1, No 1 (2014)
Publisher : Universitas Panji Sakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (166.492 KB) | DOI: 10.37637/dw.v1i1.91

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar IPS siswa melalui penerapan prinsip What, Why, What for, dan how sebagai acuan pada model Contextual Teaching and Learning. Dalam pelaksanaannya di lapangan, peneliti memberikan tahapan berupa siklus yang masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengumpulan data dan diakhiri dengan tahap refleksi yang termasuk melakukan analisis terhadap data yang sudah diperoleh. Setelah data dikumpulkan melalui tes dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif diperoleh peningkatan hasil yang sesuai harapan tujuan penelitian ini. Data tersebut adalah peningkatan yang terjadi dari awal dimana peserta didik baru mampu mencapai ketuntasan belajar 47% dengan rata-rata kelas 64 dan pada siklus I telah meningkat ketuntasan belajar menjadi 69.70% dengan rata-rata kelas 69.91 dan pada siklus II sudah meningkat sesuai harapan yaitu ketuntasan belajar siswa mencapai 72.73% dengan rata-rata kelas 72.30. Sedangkan indikator keberhasilan penelitian pada siklus II membuat agar persentase ketuntasan belajar mereka mencapai minimal 72% dengan rata-rata kelas 70. Sedangkan data yang diperoleh sudah melebihi indikator tersebut. Simpulan dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan metode Contextual Teaching and Learning dalam proses belajar mengajar mampu meningkatkan prestasi belajar siswa.
PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM DI SD NEGERI 006 BINTAN TIMUR TAHUN 2019 Dalela Dalela
Daiwi Widya Vol 7, No 5 (2020)
Publisher : Universitas Panji Sakti

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (248.975 KB) | DOI: 10.37637/dw.v7i5.680

Abstract

Berdasarkan hasil observasi terhadap guru-guru SD Negeri 006 Bintan Timur pada semester I tahun pelajaran 2019/2020, diketahui Kompetensi guru dalam menerapkan model pembelajaran Kuantum masih terkategori Cukup. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru-guru dalam menerapkan model pembelajaran Kuantum melalui supervisi edukatif. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan sekolah. Prosedur penelitian berbentuk siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data melalui observasi dan metode analisis datanya dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kompetensi guru-guru SD Negeri 006 Bintan Timur dalam menerapkan model pembelajaran Kuantum dapat ditingkatkan melalui supervisi edukatif. Terbukti dengan terjadinya peningkatan Kompetensi guru-guru dari Prasiklus yang terkategori Cukup dengan rata-rata 64,56, pada Siklus I menjadi Baik dengan rata-rata 76,38 dan pada Siklus II menjadi Amat Baik dengan rata-rata 92,06.Dapat disimpulkan bahwa kompetensi guru-guru SD Negeri 006 Bintan Timur dalam menerapkan model pembelajaran Kuantum dapat ditingkatkan melalui supervisi edukatif pada semester I tahun pelajaran 2019/2020.

Page 1 of 41 | Total Record : 406