Daiwi Widya : Jurnal Pendidikan FKIP Unipas
Vol 5, No 1 (2018)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CTL DENGAN MODEL TUTORIAL DALAM PEMBELAJARAN BENTUK ALJABAR PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 SINGARAJA

Nyoman Seri Andayani (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2018

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Singaraja di Kelas VIIH yang kemampuan siswanya untuk mata pelajaran Matematika rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Contextual Teaching And Learning dengan model Tutorial dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Contextual Teaching And Learning dengan model Tutorial dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya baru mencapai nilai rata-rata 64,8 dengan ketuntasan belajar 31,3% pada Siklus I meningkat menjadi 68,6 dengan ketuntasan belajar 53,1% dan pada Siklus II meningkat lagi menjadi 72,5 dengan ketuntasan belajar 81,2%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Contextual Teaching And Learning dengan dengan model Tutorial dapat meningkatkan prestasi belajar.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

DW

Publisher

Subject

Education

Description

"Daiwi Widya" is a journal of education that is managed by the Faculty of Teacher Training and Education, University of Panji Sakti. It aims at accomodating the results of studies or researches or reviews in the field of education. Daiwi Widya publishes research results that review educational ...