Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah perguruan tinggi harus mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berdaya saing sesuai dengan standar nasional dan standar internasional pendidikan, agar hal tersebut terwujud maka kemampuan seorang dosen dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevalusi pembelajaran harus dikuasai agar mahasiswa termotivasi untuk terus belajar sehingga kualitas lulusan semakin baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dosen Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa PPKn FKIP Universitas Riau. Manfaat praktis bagi peneliti adalah untuk menambah ilmu dan pemahaman tentang dunia pendidikan, sehingga semakin semangat untuk mengamalkan ilmu. Populasi penelitian ini yaitu mahasiswa PPKn FKIP Universitas Riau angkatan 2018, 2019 dan 2020 yang berjumlah 209 mahasiswa. Sampel pada penelitian ini adalah 53 mahasiswa dengan teknik sampling yang digunakan yaitu Simple Random Sampling, kemudian pengambilan sampel secara acak. Metode pengumpulan data yaitu, observasi, angket, dan dokumentasi. Pengolahan data dengan analisis statistik dengan menggunakan rumus regresi linier sederhana dibantu aplikasi SPSS versi 28, hipotesis yang dirumuskan terdapat pengaruh kompetensi pedagogik dosen terhadap motivasi belajar mahasiswa di program studi PPKn FKIP Universitas Riau. Berdasarkan hasil penelitian terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh kompetensi pedagogik dosen terhadap motivasi belajar mahasiswa PPKn FKIP Universitas Riau yaitu sebesar 36,6%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022