Daiwi Widya : Jurnal Pendidikan FKIP Unipas
Vol 4, No 2 (2017)

PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN LINGKUNGAN SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS I SEMESTER II SD NEGERI 11 PADANGSAMBIAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Ni Ketut Murdini (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2017

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 11 Padangsambian di Kelas I-C yang kemampuan ketrampilan membaca siswanya cukup rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan Kelas I-C ini adalah untuk mengetahui apakah Model Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Lingkungan Sekolah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas I Semester II SD Negeri 11 Padangsambian Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode pengumpulan datanya adalah tes pilihan ganda. Metode analisis datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah model Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Lingkungan Sekolah dapat Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas I Semester II SD Negeri 11 Padangsambian Tahun Pelajaran 2014/2015. Ini terbukti dari hasil rata-rata yang diperoleh pada Pra siklus 61,31 dengan prsentase ketuntasan 40,48%, pada siklus I menjadi 66,43 dengan presentase 64,29%, dan pada siklus II rata-rata menjadi 70,36 dengan prsentase 90,48%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Lingkungan Sekolah dapat Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas I Semester II SD Negeri 11 Padangsambian Tahun Pelajaran 2014/2015.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

DW

Publisher

Subject

Education

Description

"Daiwi Widya" is a journal of education that is managed by the Faculty of Teacher Training and Education, University of Panji Sakti. It aims at accomodating the results of studies or researches or reviews in the field of education. Daiwi Widya publishes research results that review educational ...