Daiwi Widya : Jurnal Pendidikan FKIP Unipas
Vol 8, No 1 (2021): Edisi Khusus

PENDAMPINGAN UNTUK MENINGKATKAN PERAN GURU SEBAGAI MOTIVATOR DAN FASILITATOR PROSES PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 1 TELUK BINTAN

Abdul Gafur (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan pendampingan dalam meningkatkan peran guru-guru sebagai motivator dan fasilitator proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru-guru SMA Negeri 1 Teluk Bintan pada semester I tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 15 orang guru. Metode pengumpulan datanya adalah observasi, sedangkan metode analisis datanya adalah deskriptif kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan peran guru-guru sebagai motivator dan fasilitator proses pembelajaran dari rata-rata awal 62,00 (Cukup), meningkat menjadi 76,87 (Baik) pada siklus I dan meningkat menjadi 91,33 (Amat Baik) pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan pelaksanaan pendampingan dapat meningkatkan peran guru-guru SMA Negeri 1 Teluk Bintan sebagai motivator dan fasilitator dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

DW

Publisher

Subject

Education

Description

"Daiwi Widya" is a journal of education that is managed by the Faculty of Teacher Training and Education, University of Panji Sakti. It aims at accomodating the results of studies or researches or reviews in the field of education. Daiwi Widya publishes research results that review educational ...