JAMAIKA: Jurnal Abdi Masyarakat
Vol 2, No 2 (2021): JUNI

SOSIALISASI BELAJAR BUKU DIGITAL INTERAKTIF (STUDI KASUS : SMK SATRIA BANGSA)

Saprudin Saprudin (Unknown)
Indra Cahya firdaus (Universitas Pamulang)
Munaldi Munaldi (Universitas Pamulang)
Agung Wijoyo (Universitas Pamulang)
Sofyan Mufti Prasetio (Universitas Pamulang)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2021

Abstract

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin mendorong upaya-upaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil-hasil teknologi dalam proses belajar. Para guru dituntut agar mampu menggunakan alat-alat yang disediakan oleh sekolah terutama yang berhubungan dengan ICT. Disamping mampu menggunakan alat-alat yang tersedia, guru juga dituntut untuk dapat mengembangkan keterampilan membuat media pembelajaran,apabila media tersebut tidak tersedia atau belum tersedia. Sebab memasuki era global, melalui pendayagunaan teknologi pendidikan, suka atau tidak suka, tetap akan berjalan dan bahkan telah berjalan sejak lama. Penggunaan teknologi berbasis komputer dalam pembelajaran telah banyak dilakukan oleh sebagian guru dalam proses belajar mengajar. Presentasi dengan memanfaatkan multimedia biasanya menggunakan perangkat lunak atau software yang paling tersohor, yakni Ms. PowerPoint yang dikembangkan oleh Microsoft Inc. Pemanfaatan Ms. PowerPoint,penggunaan buku interaktif atau perangkat lunak lainnya yang mulai dikenal yaitu dengan menggunakan program Flash yang menyebabkan kegiatan presentasi menjadi lebih mudah, dinamis dan sangat menarik.Dengan berbagai perkembangan pada perangkat lunak dan sejumlah perangkat keras penunjangnya telah menyebabkan terjadinya perubahan besar pada trend metode presentasi dewasa ini. Media pembelajaran dapat dipandang sebagai pilihan dalam strategi pembelajaran, sebab dari perkembangan media, maka dapat disebutkan dua peranan pokok media dalam pendidikan, yaitu : pertama berfungsi memberikan pengalaman yang kongkrit kepada siswa dan yang kedua adalah sebagai fungsi sarana komunikasi dan interaktif antara siswa dengan media, sehingga media merupakan sumber belajar yang penting. Secara teknis media pembelajaran berfungsi sebagai sumber belajar bagi peserta didik dan memungkinkan atau memudahkan terjadinya proses belajar, baik secara individu maupun kelompok. Dengan demikian media belajar dalam bentuk buku interaktif dalam beberapa hal dapat menggantikan fungsi guru terutama sebagai sumber belajar.Media yang dapat menjalankan fungsi demikian tersebut antara lain adalah program multimedia buku interaktif. Multimedia buku interaktif dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran sebab cukup efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik. Salah satu perangkat lunak yang dapat digunakan dalam pembuatan media interaktif adalah program perangkat lunak Macromedia Flash MX 2004, Macromedia Flash Professional 2004, Adobe Flash CS3 Professional SMK Satria Bangsa masih menggunakan metode pembelajaran konvensional yang dulu disampaikan melalui buku dan penjelasan langsung tanpa contoh dianggap kurang mudah dicerna oleh anak-anak, sehingga diharapkan pemanfaatan media interaktif yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dapat menjelaskan bahwa media pembelajaran interaktif mampu memberikan informasi dengan lebih menarik dan menyenangkan dari pada harus mendengarkan materi yang diberikan oleh pendidik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JAMAIKA

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

JAMAIKA: Jurnal Abdi Masyarkaat menerima manuskrip atau naskah artikel dalam bidang pengabdian masyarakat yang mencakup bidang keilmuan yang relevan dengan: sosial, kependidikan, teknologi, sains, hukum, bahasa, ekonomi dan kewirausahaan dari berbagai kalangan akademisi baik nasional maupun ...