Jurnal ORTOPEDAGOGIA
Vol 8, No 1 (2022): July

Adaptasi Siswa Albino dalam Menempuh Pendidikan

Handayani, Fitri Febri (Unknown)
Putro, Khamim Zarkasih (Unknown)
Tukang, Tarsisius (Unknown)
Wati, Ery (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2022

Abstract

Pada umumnya, baik siswa yang memiliki keterbatasan maupun siswa yang tidak memiliki keterbatasan memiliki permasalahan dalam belajar, baik masalah ringan, yang artinya dapat diselesaikan oleh diri sendiri maupun masalah yang berat, yang memerlukan perhatian atau bantuan dari orang lain. Salah satu permasalahan yang dialami Anak Albino ialah mengenai penglihatan yang memburuk, oleh sebab itu menyebabkan Anak Albino harus melakukan usaha-usaha agar mereka mampu mendapatkan informasi dalam menempuh pendidikan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui adaptasi Siswa Albino dalam menempuh pendidikan. Menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, data dikumpulkan melalui teknik wawancara terhadap 10 siswa albino, baik yang selesai/sedang menempuh sekolah menegah atas/sejenisnya dan maupun yang sedang menempuh perguruan tinggi/ univerrsitas. Analisis data menggunakan model Miles & Huberman yang terdiri dari mengumpulkan data, mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data penelitian dilakukan dengan traingulasi investegator. Hasil analisis menunjukkan terdapat dua tema utama. Tema-tema ini menggambarkan masalah-masalah yang dihadapi siswa Albino, yaitu penyesuaian belajar dan penyesuaian sosial serta strategi yang digunakan dalam menghadapi penyesuaian tersebut.

Copyrights © 2022