Jurnal Cakrawala Pendas
Vol. 8 No. 3 (2022)

MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI INSTRUKSI PADA SISWA SD DALAM PEMBELAJARAN DARING

Robet Kristian Lase (Universitas Pelita Harapan)
Wiyun Philipus Tangkin (Universitas Pelita Harapan)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2022

Abstract

Pemahaman siswa akan instruksi menjadi salah satu bagian inti dalam mencapai tujuan pembelajaran. Namun, pada kenyataannya, pembentukan pemahaman siswa akan instruksi memiliki beberapa masalah yang sering ditemukan di dalam kelas. Karena itu, dibutuhkan sebuah model pembelajaran yang mampu menolong siswa untuk meningkatkan kemampuannya dalam memahami instruksi yang diberikan. Oleh alasan tersebut, peneliti menerapkan model pembelajaran langsung di dalam kelas sebagai upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami instruksi pembelajaran. Model ini cocok digunakan karena model pembelajaran langsung adalah salah satu model pembelajaran yang bersifat prosedural dan deklaratif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan cara penerapan model pembelajaran langsung dalam upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami instruksi yang diberikan pada pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa model pembelajaran langsung mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami instruksi, apabila pembelajaran dilakukan secara terstruktur, adanya komunikasi yang baik antara guru dengan siswa, serta berorientasi kepada siswa. Pada pembelajaran daring, penggunaan teknologi sangat penting dalam mengembangkan model pembelajaran langsung. Karena itu, sangat diharapkan guru dapat memaksimalkan penggunaan teknologi saat menerapkan model pembelajaran langsung pada pembelajaran daring.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Cakrawala Pendas (JCP) aims to provide researchers with scholarly discourses, theories, research methods, and findings. Therefore, the journal accepts manuscripts related to all aspects of Elementary Education. It is also keen to help make connections among researchers. Jurnal Cakrawala ...