Jurnal Cakrawala Pendas
Vol. 8 No. 3 (2022)

PENERAPAN METODE MNEMONIC DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Iqlima Nurfadilah (Universitas Muhammadiyah Sukabumi)
Din Azwar Uswatun (Universitas Muhammadiyah Sukabumi)
Astri Sutisnawati (Universitas Muhammadiyah Sukabumi)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih rendahnya motivasi belajar siswa dalam pembelajaran tematik di SD Negeri Tegallega pada tahun ajaran 2021/2022. Tujuan penelitian ini supaya motivasi siswa kelas III meningkat dengan memakai metode mnemonic. Metode Penelitian ini Menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, lembar observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif untuk menganalisis hasil angket akhir dan hasil observasi setiap tindakan. proses pembelajaran dilakukan oleh peneliti dengan menggunakan metode mnemonic. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus. hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode mnemonic dalam pembelajaran tematik dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas III di SD Negeri Tegallega. Hal ini ditunjukan dengan adanya peningkatan dari sebelum tindakan dan setiap siklus. Sebelum melakukan tindakan persentase siswa yang memiliki motivasi belajar dalam kategori baik adalah 31%. Pada siklus I persentase siswa yang memiliki motivasi belajar dalam kategori baik belajarnya adalah 73%. Pada siklus II persentase siswa yang memiliki motivasi belajar dalam kategori baik adalah 94%. Kesimpulan, adanya peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran tematik dengan menggunakan pendekatan metode mnemonic yang dicapai siswa kelas III di SDN Tegallega.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Cakrawala Pendas (JCP) aims to provide researchers with scholarly discourses, theories, research methods, and findings. Therefore, the journal accepts manuscripts related to all aspects of Elementary Education. It is also keen to help make connections among researchers. Jurnal Cakrawala ...