Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pemahaman konsep mahasiswa pendidikan biologi pada materi pengetahuan lingkungan. Penelitian ini dilakukan di program studi pendidikan biologi di universitas pendidikan mandalika. Subyek penelitian adalah mahasiswa program studi pendidikan biologi yang dipilih secara random ( acak ) terdiri dari, tiga orang mahasiswa semester IV, satu orang mahasiswa semester VI, dan empat belas orang mahasiswa semester VIII yang berjumlah total sebanyak 18 orang mahasiswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu instrumen tes objektif berupa soal pilihan ganda disertai alasan dan tingkat keyakinan mahasiswa pendidikan biologi pada materi pengetahuan lingkungan berjumlah 20 butir soal. Penelitian ini menggunakan teknik CRI (Certainty of Response Index) untuk mengevaluasi pemahaman konsep mahasiswa pada materi pengetahuan lingkungan. Data hasil tes kemudian dianalisis untuk menentukan persentase pemahaman konsep pada setiap butir soal yang diberikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman konsep masing-masing mahasiswa pendidikan biologi pada materi pengetahuan lingkungan masih belum sepenuhnya mampu mendapatkan nilai sempurna untuk setiap butir soal yang telah dikerjakan, di mana jumlah persentase mahasiswa yang tidak paham konsep sebesar 89% dan untuk mahasiswa yang termasuk dalam kategori paham konsep hanya terdapat 11%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022