Jurnal Manajemen Dirgantara
Vol 15 No 1 (2022): Jurnal Manajemen Dirgantara, Juli 2022

PENGARUH BRAND IMAGE DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI ONLINE TRAVEL AGENT TRAVELOKA (Studi pada konsumen di lingkungan mahasiswa STTKD)

Bimo Andono (Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta)
Yusril Ihza Maulana (Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2022

Abstract

Abstrak Dewasa ini, perkembangan industri penerbangan maupun wisata dalam negeri sangatlah pesat. Hal tersebut sangat berpengaruh pada proses reservasi yang dapat dilakukan secara online. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui pengaruh variabel brand image dan online customer review secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian melalui online travel agent Traveloka. Menggunakan metode kuantitatif dengan explanatory research dengan sampel berjumlah 79 pengguna Traveloka sekaligus mahasiswa STTKD. Pengumpulan data dilakukan dengan cara membagikan kuesioner secara online menggunakan google form yang selanjutnya datanya diolah melalui SPSS versi 21. Sebagai hasil penelitian, variabel brand image dan online customer review berpengaruh secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian melalui online travel agent Traveloka. Traveloka diharapkan mampu mempertahankan citra yang telah diraih dengan terus meningkatkan kinerja sekaligus awareness akan kebutuhan para pelanggan. Selain itu, Traveloka sebagai penyedia jasa harus bertanggung jawab atas segala pertanyaan maupun tanggapan mengenai layanan yang ditawarkan agar tidak menimbulkan ambiguitas yang akan menimbulkan banyak review negatif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jmd

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Industrial & Manufacturing Engineering Transportation

Description

Jurnal Manajemen Dirgantara is a scientific journal published by Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan. Jurnal Manajemen Dirgantara was first published in 2008 with registered number ISSN 2252-7451 (Print) and ISSN 2622-0946 (Online), is a peer-reviewed journal published two times a year (July and ...