Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media Audiovisual pada matakuliah konsep dasar IPS. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan dengan menerapkan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang mencakup perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dari data tes awal hasil belajar mahasiswa diperoleh nilai rata-rata 52,61, dimana terdapat 4 mahasiswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dan persentase hasil belajar secara klasikal hanya 19,05% atau < 80%. Secara klasikal dan hal ini masih tergolong rendah dan belum berhasil bagi proses pembelajaran peserta didik. Oleh karena itu, dilakukan perbaikan dan penerapan tindakan kelas siklus I menggunakan media Audiovisual maka diperoleh nilai rata-rata mengalami kenaikan menjadi 61,42, mahasiswa yang tuntas belajar terdapat 11 orang mahasiswa dan persentase hasil belajar mahasiswa secara klasikal 52,4% < 80% dan ini juga tergolong belum berhasil dalam tindakan kelas yang dilakukan. Kemudian peneliti melanjutkan dan melakukan perbaikan dan penerapan pada siklus II maka diperoleh nilai rata-rata menjadi 75,71, mahasiswa yang sudah tuntas sebanyak 19 orang mahasiswa dengan persentase ketuntasan belajar siswa 90,48% > 80%. Jadi dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar mahasiswa pada matakuliah konsep dasar IPS
Copyrights © 2021