Journal of Innovation Research and Knowledge
Vol. 1 No. 2: Juli 2021

PENINGKATAN HASIL BELAJAR KONSEP DASAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM PADA MAHASISWA PGSD

Emelda Thesalonika (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Marentina Inggrid Sinaga (Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar)
Ease Arent (Institut Agama Kristen Negeri)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2021

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media Audiovisual pada matakuliah konsep dasar IPS. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan dengan menerapkan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II yang mencakup perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dari data tes awal hasil belajar mahasiswa diperoleh nilai rata-rata 52,61, dimana terdapat 4 mahasiswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dan persentase hasil belajar secara klasikal hanya 19,05% atau < 80%. Secara klasikal dan hal ini masih tergolong rendah dan belum berhasil bagi proses pembelajaran peserta didik. Oleh karena itu, dilakukan perbaikan dan penerapan tindakan kelas siklus I menggunakan media Audiovisual maka diperoleh nilai rata-rata mengalami kenaikan menjadi 61,42, mahasiswa yang tuntas belajar terdapat 11 orang mahasiswa dan persentase hasil belajar mahasiswa secara klasikal 52,4% < 80% dan ini juga tergolong belum berhasil dalam tindakan kelas yang dilakukan. Kemudian peneliti melanjutkan dan melakukan perbaikan dan penerapan pada siklus II maka diperoleh nilai rata-rata menjadi 75,71, mahasiswa yang sudah tuntas sebanyak 19 orang mahasiswa dengan persentase ketuntasan belajar siswa 90,48% > 80%. Jadi dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar mahasiswa pada matakuliah konsep dasar IPS

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIRK

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Journal of Innovation Research and Knowledge, published by Bajang Institute. Published in two formats, print and online, print version of ISSN: 2798-3471 and the online version of ISSN: 798-3641, both of which are published every month. The scope of the journal studies broadly includes: Culture (a ...