Journal of Innovation Research and Knowledge
Vol. 1 No. 4: September 2021

PENERAPAN EDUKASI LITERASI LINGKUNGAN DALAM UPAYA MENGURANGI KECENDERUNGAN ADIKSI GAWAI PADA ANKA USIA SEKOLAH DASAR DI SD IT INSAN QURANI SUMBAWA

Has’ad Rahman Attamimi (STIKES Griya Husada Sumbawa)
Yunita Lestari (STIKES Griya Husada Sumbawa)
Ernawati (UHAMKA)
Rai’in (STIKES Griya Husada Sumbawa)
Anggia Sari (STIKES Griya Husada Sumbawa)



Article Info

Publish Date
24 Sep 2021

Abstract

Belajar dari rumah (BDR) sebagai salah satu metode pembelajaran yang diterapkan sebagian besar lembaga pendidikan dimasa pandemi covid-19, mulai dari tingkat Sekolah Dasar Hingga Perguruan Tinggi. Salah satu dampak yang perlu dipandang serius adalah cenderung meningkatnya aktivitas siswa khsusunya anak-anak usia sekolah dasar dalam menggunakan gawai. Khusus pada SD IT Insan Qurani Sumbawa, hal tersebut dibenarkan oleh sejumlah partisipan (orangtua/wali) siswa, sehingga dipandang perlu untuk dicarikan solusinya. Sebagai upaya mengurangi kecenderungan adiksi gawai tersebut, maka dilakukan penelitian dengan desain penelitian tindakan, proses penelitian dilakukan sebanyak 3 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan; perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SD IT Samawa Cendikia, dan yang menjadi objek adalah perilaku adiksi gawai. Hasil penelitian pada siklus ke-3 menunjukkan adanya penurunan kecenderungan adiksi gawai responden sebesar 73% atau lebih besar dari hipotesis tindakan sebesar 55%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan edukasi literasi lingkungan mampu menurunkan kecenderungan adiksi gawai pada anak usia sekolah dasar di SD IT Insan Qurani Sumbawa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIRK

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Journal of Innovation Research and Knowledge, published by Bajang Institute. Published in two formats, print and online, print version of ISSN: 2798-3471 and the online version of ISSN: 798-3641, both of which are published every month. The scope of the journal studies broadly includes: Culture (a ...