Terjadinya pandemi covid-19 telah mendorong perubahan yang besar dalam tata kehidupan masyarakat. Berbagai aktivitas masyarakat berubah dari mekanisme offline menjadi online, termasuk dalam kegiatan bisnis. Pada kondisi pandemiĀ covid-19 sekarang ini, banyak sekali praktisi UKM yang beralih ke bisnis secara online. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan pemasaran digital bagi remaja yang memiliki online shop pada komunitas karangtaruna Desa Sambirejo, Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Metode pelaksanaan kegiatan pelatihan dilaksanakan dengan metode presentasi dan diskusi antara pemateri dan peserta. Jumlah peserta pelatihan sebanyak 12 orang remaja anggota Karangtaruna. Hasil pengabdian masyarakat ini menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dari peserta pelatihan atas teknik-teknik pemasaran digital. Kasimpulan ini dibuktikan dari adanya peningkatan rata-rata skor pre-test sebesar 58.33 menjadi 73.33 pada skor post-test. Pelatihan ini juga memberikan tambahan pengetahuan bagi peserta tentang pengelolaan bisnis digital yang baik serta motivasi dalam mengembangkan bisnis dan semangat berwirausaha.
Copyrights © 2022