Usaha Kecil Menengah (UKM) memiliki peran penting dalam pembangunan ekonomi nasional, namun dalam perkembangannya terdapat hambatan-hambatan, baik yang bersifat internal maupun eksternal. Hambatan eksternal yang harus di waspadai adalah persaingan produk dalam era digital, pada era digital produk bersaing bebas dengan memanfaatkan teknologi digital salah satu adalah Pemasaran digital (Online Marketing) adalah istilah umum untuk pemasaran produk atau jasa dengan menggunakan teknologi digital, terutama di Internet. Pemasaran digital dinilai efisien dan murah. untuk menghadapi persaingan produk dari luar daerah maupun asing. Untuk mempersiapkan pelaku usaha khususnya usaha kecil dan Menengah (UKM) perlu untuk diberikan pengetahuan dan keterampilan melalui pelatihan pemasaran produk dengan memanfaatkan perdagangan elektronik (e-commerce). Pemasaran digital sosial media, sosial media optimasi dan blog marketing yang paling banyak diminati saat ini. Beberapa teknik yang dapat seperti optimasi mesin pencari (SEO), pemasaran mesin pencari (SEM), pemasaran konten, pemasaran influencer, otomatisasi konten, pemasaran berbasis data dan pemasaran e-commerce, diharapkan dengan adanya pelatihan ini UKM dapat memiliki kemampuan pemasaran digital sehingga dapat meningkatkan citra produk dan tentunya meningkakan penjualan.
Copyrights © 2019