Jurnal Teknologi Pendidikan ( JTekpend)
Vol. 2 No. 2 (2022): Jurnal Teknologi Pendidikan (Jtekpend)

PENGARUH PROSES PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID 19 TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SMK KARSA MULYA PALANGKARAYA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Lestari (Universitas Palangkaraya)
Beta Centauri (Universitas Palangka Raya)
Orbit Thomas (Universitas Palangka Raya)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2022

Abstract

Pasca pandemi Covid-19 masuk ke Indonesia yang kemudian pertengahan Maret 2020 untuk menekan angka penderita Covid 19, pemerintah provinsi dan daerah menghasilkan kebijakan dalam dunia pendidikan yaitu meniadakan sementara pembelajaran tatap muka diganti dengan pembelajaran daring baik tingkat sekolah maupun tingkat perguruan tinggi. Padahal tidak semua siswa terbiasa belajar melalui online. Apalagi guru masih banyak belum mahir mengajar dengan menggunakan teknologi internet atau media sosial. Hal tersebut tentumya akhirnya mempengaruhi dari minat belajar dan tentunya ke perolehan prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh proses pembelajaran daring pada masa pandemi covid 19 terhadap minat belajar siswa SMK Karsa Mulya Palangka Raya semester genap tahun pelajaran 2021/2022.Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X SMK Karsa Mulya Palangka Raya tahun pelajaran 2021/2022 dengan jumlah 71 orang. Penelitian ini menggunakan alat pengumpulan data berupa angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi.Berdasarkan analisis data beserta interpretasinya maka dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara proses pembelajaran daring pada masa pandemi covid 19 terhadap minat belajar siswa SMK Karsa Mulya Palangka Raya tahun pelajaran 2021/2022, yang ditunjukkan oleh perolehan koefisien regresi thitung sebesar 8,024 > ttabel = 1,995 atau hasil perhitungan SPSS diperoleh nilai taraf signifikansi 0,000 < 0,05, dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,483 yang menunjukkan bahwa pengaruh variabel proses pembelajaran daring pada masa pandemi covid 19 terhadap minat belajar adalah sebesar 48,3% dan selebihnya sebanyak 51,7 ditentukan oleh variabel lain.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jtekpend

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTekpend) is a journal published by Faculty of Teacher Training and Education, University of Palangka Raya. Published twice a year in the Januari and July. JTekpend has an objective to help researchers publish their work for a wider audience and discover new connections. ...