IKRA-ITH EKONOMIKA
Vol 5 No 1 (2022): IKRAITH-EKONOMIKA No 1 Vol 5 Maret 2022

Marketing Mix Terhadap Volume Penjualan Pada PT. Raihan Maju Mandiri dengan Loyalitas Karyawan Sebagai Variabel Intervening

Irene Pradela (Universitas Universitas Bina Insan)
Ronal Aprianto (Universitas Universitas Bina Insan)
Suyadi Suyadi (Universitas Bina Insan)
Irma Idayati (Universitas Bina Insan)



Article Info

Publish Date
04 Nov 2021

Abstract

Bauran pemasaran merupakan satu kesatuan yaitu Product, Price, Place, Promotion, People,Physical Evidence dan Process. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh marketingmix terhadap volume penjualan di 5 Unit PT. Raihan Maju Mandiri dengan loyalitas karyawansebagai variabel iIntervening. Masalah dalam penelitian ini adalah adanya beberapa hal yangmempengaruhi volume penjualan dalam beberapa bulan terakhir, salah satunya yaitu yangdisebabkan oleh ketersediaan produk, kebutuhan konsumen, serta minimnya follow up yangmenyebabkan omset penjualan semakin menurun kepada perusahaan, serta Marketing Mix yangtidak mampu berjalan secara efektif akibat dari turunnya omset penjualan yang disebabkan olehvolume penjualan yang rendah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalahpendekatan kuantitatif dengan sampel sebanyak 35 responden. Teknik pengumpulan datamenggunakan kuesioner online lewat google form. Teknik analisis menggunakan uji validitas, ujireliabilitas, regresi linier sederhana, koefisien korelasi, uji t, regresi linier berganda, uji f dan pathanalysis. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan variabel pengaruhmarketing mix berpengaruh terhadap volume penjualan dan loyalitas karyawan serta berdasarkanuji regresi jalur setiap komponen marketing mix berpengaruh secara terhadap volume penjualanmelalui loyalitas karyawan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

IKRAITH-EKONOMIKA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

This scientific journal of IKRA-ITH Ekonomiika is a Scientific Journal for the publication of economic papers published by the YAI University Persada Indonesia Research and Community Service Institute. This scientific journal is a means of pouring ideas and lecturer papers working in the field of ...