Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa menggunakan model Contextual Teaching And Learning (CTL) pada materi bangun ruang sisi datar di kelas Vlll pada MTSs Syamsudduha Aceh Utara. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis pendekatan quasi eksperimen. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Vlllyang terdiri dari 7 kelas dan sampel yang digunakan yaitu kelas Vlll-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas Vlll-7 sebagai kelas kontrol. Analisis data menggunakan SPSS 18 dengan uji normalitas dan uji homogenitas serta untuk menguji hipotesis menggunakan independent T-test. Berdasarkan hasil analisis data statistik deskriptif menunjukkan bahwa skor rataan N-gain siswa yang menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning 0,85 (kategori Tinggi) lebih tinggi daripada siswa yang mendapatkan pendekatan saintifik sebesar 0,44 (katagori sedang). Berdasarkan uji independent T-test diperoleh nilai signifikan 0,00< 0,05 maka  ditolak dan diterima. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih baik daripada kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang memperoleh pendekatan saintifik. 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022