Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh
Vol. 1 No. 2 (2021): Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh

ANALISIS SELF-CONFIDENCE SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MASA PANDEMI COVID-19

Muliadi, Reza (Unknown)
Fonna, Mutia (Unknown)
Herizal, Herizal (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2021

Abstract

Pandemi Covid-19 telah membuat sistem pembelajaran mengalami perubahan. Perubahan tersebut berdampak pada aspek self-confidence siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aspek self-confidence siswa kelas XI SMA Negeri 1 Dewantara dalam pembelajaran matematika di masa pandemi Covid-19. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiannya adalah penelitian survei. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Dewantara dengan sampelnya siswa di kelas XI MIA 1, XI MIA 2, XI MIA 4, XI MIA 5, dan XI IIS yang dipilih menggunakan teknik sampling purposive. Instrumen yang digunakan adalah angket/kuesioner. Analisis data dilakukan secara deskriptif, yaitu menjelaskan bagaimana kemampuan self-confidence siswa dan menentukan kategori self-confidence siswa dengan menggunakan kategorisasi mean hipotetik. Hasil penelitian yang didapat diantaranya: (1) Siswa percaya diri saat melaksanakan pembelajaran matematika, namun kurang percaya diri pada materi atau soal yang (2) Aspek self-confidence siswa berada di kategori sedang.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpmm

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh focuses on the publication of the result of scientific research to the field of mathematics education. The aim of this journal is to publish high quality research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, ...