Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh
Vol. 2 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING (CORE) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA

Nuraina, Nuraina (Unknown)
Fonna, Mutia (Unknown)
Utari, Khaliza (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa pada materi barisan dan deret aritmatika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design dengan rancangan penelitiannya yaitu the non-equivalent post-test only control group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XI SMA Negeri 4. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA dan siswa kelas XI IIS yang dipilih dengan teknik sampling yaitu sampling jenuh. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan penalaran matematis yang berupa soal post-test. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji non-parametrik (Mann Whitney U-test) karena data tidak berdistribusi normal. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan skor rata-rata kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran CORE yaitu sebesar 14,67 lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pendekatan saintifik yaitu sebesar 10,33. Dari hasil uji Mann Whitney U-test diperoleh nilai Asymp sig, (2-tailed) yaitu 0,014 < α (α = 0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CORE berpengaruh terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpmm

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh focuses on the publication of the result of scientific research to the field of mathematics education. The aim of this journal is to publish high quality research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, ...