Kepemimpinan merupakan salah satu faktor utama dalam kehidupan berorganisasi yang memegang peranan kunci. Karena kepemimpinan seorang pemimpin berperan sebagai pengatur dalam proses kerjasama antara pemimpin dengan individu maupun pemimpin dengan kelompoknya. Kepemimpinan seorang pemimpin (kepala sekolah) akan mampu membedakan antara suatu organisasi dengan organisasi lainnya. Kepemimpinan yang dimiliki oleh pemimpin (kepala sekolah) dalam memimpin suatu organisasi akan mempengaruhi kinerja daripada guru itu. Rumusan Masalah: Apakah ada Hubungan yang signifikan antar kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru di SMP Isen Mulang Palangka Raya. Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui ada tidaknya hubungan kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru di SMP Isen Mulang Palangka Raya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: observasi, wawancara, dokumentasi dan angket Analisis data melalui: Rumus yang dipergunakan adalah menggunakan Fisher Exact Probability Test. Hasil penelitian: Hasil perhitungan menunjukan dengan menggunakan Hasil 1) uji Friedman, nilai chi-square sebesar 0.077. Nilai signifikansi p-value 0.782. Karena nilai p-value 0.782 lebih besar dari 0.05 maka kesimpulannya adalah tidak terdapat perbedaan respon antara kepemimpinan Kepala Sekolah dengan respon Kinerja Guru. 2) Dan juga menggunakan Kendall's W Test Berdasarkan hasil uji SPSS di atas dapat disimpulkan bahwa variabel Kepemimpinan Kepala Sekolah hanya mempengaruhi variabel Kinerja Guru sebesar 0.05 %. Dilihat dari angka asymp-sig yang lebih besar dari alpha 0.05 maka dapat di simpulkan bahwa Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap kinerja guru sama atau Kepemimpinan Kepala Sekolah Tidak Mempengaruhi Kinerja Guru
Copyrights © 2022