Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta
Vol. 1 No. 1 (2018): Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta. Volume 1, Nomor 1, Tahun 2018

Kontribusi Model Problem Based Learning terhadap Peningkatan Kemampuan Koneksi dan Pemecahan Masalah Matematik

Rustina, Ratna (Unknown)
Anisa, Witri Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2018

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan koneksi dan pemecahan masalah matematik mahasiswa, mana yang lebih baik antara yang mengikuti pembelajaran melalui model Problem Based Learning dengan yang mengikuti pembelajaran konvensional, peningkatan kemampuan koneksi dan pemecahan masalah matematik mahasiswa, mana yang lebih baik pada kelompok atas dan bawah antara yang mengikuti pembelajaran melalui model Problem Based Learning dengan yang mengikuti pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program studi pendidikan matematika Universitas Siliwangi angkatan 2014/2015, sedangkan untuk menentukan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Random Sampling terpilih kelas 2014 E sebagai kelas eksperimen dan kelas 2014 D sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes kemampuan koneksi matematik dan soal tes kemampuan pemecahan masalah matematik. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) peningkatan kemampuan koneksi matematik mahasiswa yang mengikuti pembelajaran melalui model Problem Based Learning lebih baik dengan yang mengikuti pembelajaran konvensional, 2) peningkatan kemampuan pemecahan matematik mahasiswa yang mengikuti pembelajaran melalui model Problem Based Learning lebih baik dengan yang mengikuti pembelajaran konvensional, 3) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan koneksi dan pemecahan masalah matematik mahasiswa kelompok atas dan bawah yang memperoleh pembelajaran melalui model Problem Based Learning dengan yang mengikuti pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jrpmj

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta (JRPMJ) E-ISSN:2621-4768, DOI Prefix is a peer-reviewed open-access international journal that aims to the sharing, dissemination, and discussion of current trends research results, experience, and perspectives across a wide range of mathematics education, ...