Al-Alam : Islamic Natural Science Education Journal
Vol 1, No 1 (2022): (Edisi Januari) Pendekatan dan Model Pembelajaran Sains

Pencapaian Hasil Belajar Fisika dan Perilaku Berkarakter Siswa Kelas IX SMPN 1 Atap Oki Baru berbantuan Model Problem Based Instruction (PBI)

Nur Yati Taipabu (Universitas Darussalam Maluku)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap penggunaan model Problem Based Instruction (PBI) terhadap hasil belajar dan perilaku berkarakter siswa kelas IX SMPN 1 Atap Oki Baru, Namlea. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa terdapat perbedaan sebelum dan setelah diajarkan model PBI pada materi tata surya, dari 25 siswa (16%) sangat baik 4 siswa, (80%) baik 20 siswa dan (4%) cukup 1 siswa memiliki nilai tuntas yaitu memenuhi nilai KKM. Sedangkan pada hasil respon siswa tehadap perilku berkarakter terkait materi tata surya menggunakan model PBI menunjukan bahwa hasilnya sangat baik (88%) dan baik (12%) pada lembar angket terdapat (54%) sangat setuju dan (45%) setuju. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan pencapaian hasil belajar fisika dan perilaku berkarakter siswa menggunakan model problem based instruction dapat meningkatkan hasil belajar dan mewujudkan perilaku yang sangat baik dan baik.Kata kunci:Problem Based Instruction, Hasil Belajar Fisika, Perilaku Berkarakter 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JTI

Publisher

Subject

Education

Description

Aim Al-Alam: Islamic Natural Science Education Journal (INSEJ) publishes papers from empirical studies (experiment papers) and literature review papers. This journal has accepted and published papers for integrated science studies of both islamic and common values. Scope Al-Alam: Islamic Natural ...