Southeast Asian Journal of Islamic Education
Vol 2 No 2 (2020): Southeast Asian Journal of Islamic Education, June 2020

Upaya Meremediasi Konsep Fisika pada Materi Suhu dan Kalor

Eko Wahyu Nur Sofianto (Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin)
Ratna Kartika Irawati (Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin)



Article Info

Publish Date
28 May 2020

Abstract

Miskonsepsi adalah salah satu masalah dalam pembelajaran fisika. Miskonsepsi fisika terjadi pada materi suhu dan kalor. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan review terkait upaya yang telah dilakukan beberapa peneliti untuk meremediasi miskonsepsi materi suhu dan kalor. Materi yang diremediasi adalah suhu dan kalor. Metode penelitian kualitatif artikel review pada remediasi konsep suhu dan kalor. Hasil dari penelitian ini adalah review miskonsepsi fisika dalam kompetensi dasar suhu dan pemuaian, kalor dalam perubahan wujud, Azas Black dan perpindahan kalor. Miskonsepsi pada materi suhu dan kalor biasa terjadi pada konsep ukuran benda, perubahan wujud, gejala Azas Black dan proses perpindahan kalor. Upaya remediasi yang biasa dilakukan adalah dengan model pembelajaran, perangkat pembelajaran dan problem solving. Remediasi dapat dilakukan dengan membahas konsep sesuai dengan pemahaman awal siswa terhadap materi suhu dan kalor.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

SAJIE

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Southeast Asian Journal of Islamic Education accepts unpublished, high quality, and original research manuscripts in English and Arabic related Islamic Education. The journal publishes high quality empirical and theoretical research covering all aspects of Islamic Education. These issues include: ...