Jurnal Inovasi Pendidikan dan Sains
Vol 3 No 2 (2022): Agustus

The ANALISIS KESESUAIAN TUMBUH PORANG TERHADAP PARAMETER LINGKUNGAN DI DESA SELELOS KECAMATAN GANGGA KABUPATEN LOMBOK UTARA

Firman Ali Rahman (Unknown)
Raden Didi Kuswara (Program Studi Pendidikan Biologi,, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pasir Pengaraian)
Nurmiat Nurmiati (Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP Universitas Nahdlatul Wathan Mataram, Indonesia)
Zulkarnain Gazali (Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP Universitas Nahdlatul Wathan Mataram, Indonesia)
Maya Ekaningsih (Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP Universitas Nahdlatul Wathan Mataram, Indonesia)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2022

Abstract

Porang merupakan salah satu tumbuhan umbi-umbian yang termasuk dalam famili Araceae (talas-talasan) dengan spesifikasi genus Amorphophallus. Porang saat ini telah banyak dikembangkan di berbagai tempat di Indonesia, salah satunya adalah Kabupaten Lombok Utara dengan potensi 1500 ha. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian habitat dan parameter lingkungan tumbuh porang di Desa Selelos Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara. Metode penelitian dikalukan secra random sampling pada habitat tumbuh porang dengan mengamati dan menganalisa parameter lingkungannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketinggian lokasi tanam porang di desa Selelos yaitu tumbuh pada ketingian antara 443-457 m pdl dengan rata-rata 452.71±7.476 m pdl, intensitas cahaya 200-550 I dengan rata-rata 292,86±120,514 I, pH tanah 7,8-7,9 atau dengan rata-rata 7,84±0,053, kelembapan tanah 1,5-6 RH dengan rata-rata 2,79±1,752 RH, dan suhu tanah 27-28°C atau dengan rata-rata 27,71±0.393 °C. kondisi parameter lingkungan tersebut asih sesuai dengan kelangsungan hidup porang dan baik dikembangkan di desa Selelos kecmaatan Gangga Kabupaten Lombok Utara. Kata kunci : Habitat, Paramater lingkungan, Porang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIPS

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Education Environmental Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences

Description

Jurnal Inovasi Pendidikan dan Sains is a peer-reviewed and open access journal that publishes scientific reviews, theoretical articles, empirical studies, case studies, systematic literature reviews in all areas of Education and Learning; Science (Chemistry, Physics, Biology); Mathematics; and ...