Ji_Mild (Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi)
Vol 11, No 1 (2020): Ji_Mild

INOVASI PELAYANAN PUBLIK BERBASIS WEBSITE (Studi Kasus Pelayanan Sistem Informasi Penataan Ruang “Majapahit GIS” Pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Mojokerto)

Maratus Solihah (Unknown)
Slamet Muchsin (Unknown)
Rulam Ahmadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2021

Abstract

Abstract Inovasi dalam pelayanan publik sangat diperlukan bagi instansi pemerintah sebagai penyelenggara pelayanan publik agar dapat beradaptasi dengan perubahan lingkungan di masyarakat serta memudahkan pencapaian tujuan berbagai pihak. Inovasi merupakan salah satu wujud upaya reformasi pelayanan publik agar dapat menciptakan pelayanan yang efektif, efisien, akuntabel serta transparan demi terwujudnya good governance. Salah satu wujud inovasi adalah penggunaan e-government dalam pelayanan publik, sebagaimana yang diterapkan pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Mojokerto melalui inovasi pelayanan Sistem Informasi Penataan Ruang (SIPR) berbasis website “Majapahit GIS” yang telah digagas sejak akhir Tahun 2017.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan inovasi pelayanan berbasis website (e-government) pada pelayanan Sistem Informasi Penataan Ruang (SIPR) “Majapahit GIS” di BAPPEDA Kabupaten Mojokerto. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan studi dokumenSedangkan fokus penelitian ini yaitu: 1) Penerapan inovasi pelayanan berbasis website meliputi : efektivitas inovasi, keberhasilan penerapan e-government, dan penerapan prinsip-prinsip pelayanan publik; 2) Faktor pendorong dan penghambat; 3) Strategi mengatasi hambatan dalam inovasi pelayanan. Analisis data menggunakan teknik interaktif model dari Miles, Huberman and Saldana (2014). Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi pelayanan berbasis website Sistem Informasi Penataan Ruang (SIPR) “Majapahit GIS” di BAPPEDA Kabupaten Mojokerto telah berjalan cukup efektif dan telah memenuhi prinsip-prinsip aksestabilitas, kontinuitas, teknikalitas, profitabilitas, dan akuntabilitas.  namun belum berhasil optimal dalam  mewujudkan “one database system” atau sistem layanan terintegrasi yang dapat menyediakan seluruh data untuk mendukung perencanaan pembangunan wilayah di Kabupaten Mojokerto. Faktor pendorong dalam inovasi ini adalah komitmen pimpinan, sumber daya manusia, sarana prasarana serta dukungan kebijakan pemerintah pusat. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi : kurangnya tenaga ahli di bidang IT, akses yang lamban karena aplikasi menggunakan jaringan internet terbuka, menu dialog publik yang belum efektif untuk konsultasi, kurangnya data pendukung, kurangnya dukungan pemerintah daerah dan sistem reward and punishment yang mendukung pelaksanaan kebijakan “one database system”. Strategi untuk mengatasi hambatan dalam inovasi ini meliputi : 1) penggunaan jaringan fiber optic yang disediakan pemerintah daerah untuk meningkatkan kesepatan akses pelayanan online; 2) Optimalisasi fungsi menu dialog publik; 3) Menjalin kerjasama dengan sektor swasta dalam penyediaan tenaga ahli di bidang IT Kata kunci : inovasi, efektivitas, e-government, informasi tata ruang

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

MILD

Publisher

Subject

Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

JI_MILD adalah Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi. JI_MILD merupakan jurnal ilmiah yang pengelolaanya berada di bawah Program Pascasarjana Universitas Ialam Malang. JI_MILD merupakan kumpulan karya ilmiah mahasiswa berupa resensi hasil penelitian (Tesis) dalam penyelesaian Strata 2 maupun ...