Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 4, No 7 (2016): Junal Kreatif Tadulako Online

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas I Pada Pembelajaran IPA di SDN 2 Terpencil Eeya Dengan Menggunakan Metode Tanya Jawab Berbantu Media Gambar

Sutrini, Sutrini ( FKIP UNTAD)
Paudi, Ritman Ishak (Unknown)
Tureni, Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2015

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode tanya jawab berbantu media gambar. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksan dengan tahap perencanaan  tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas I SDN 2 Terpencil Eeya yang berjumlah 15 orang siswa yang terdiri dari 5 siswa perempun dan 10 siswa laki-laki. Data yang dikumpulkan berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Data dikumpulkan dengan tiga cara yakni tes, observasi, wawancara. Hasil yang diperoleh pada siklus I yaitu dari 15 orang siswa 13 siswa mengalami ketuntasan belajar dengan persentase ketuntasan klasikal 86,66% dan persentase daya serap klasikal 72%. Hasil yang diperoleh pada siklus II mengalami peningkatan, semua siswa mengalami ketuntasan belajar, dengan  persentase tuntas klasikal 100 % dan persentase daya serap klasikal 86,67%. Berdasarkan indikator yang telah ditentukan sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode tanya jawab berbantu media gambar  dapat meningkatkan  hasil belajar IPA siswa kelas I SDN 2 Terpencil Eeya. Kata Kunci: Hasil  Belajar, Metode Tanya Jawab, Media gambar,  Pembelajaran IPA

Copyrights © 2016