Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres Salabnda. Ada beberapa Faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa, Guru kadang-kadang kurang menyadari bahwa siswa SD pola  berpikirnya masih bersifat konkrit atau nyata. Guru kelas IV lebih sering menggunakan metode ceramah, tugas kelompok dan tidak perna menggunakan media dalam pembelajaran, sehingga siswa tidak terlibat aktif dalam pembelajaran. Melihat kenyataan tersebut di butuhkan suatu usaha untuk meningkatkan keaktifan siswa. Salah satunya adalah dengan menggunakan media gambar yang tepat dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.Penelitian ini difokuskan pada masalah, Apakah pemanfaatan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres Salabenda? Rancangan penelitian tindakan kelas ini mengikuti model Kurt Lewin yang dilakukan dalam dua siklus, dengan setip siklus melalui 4 tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) Obserpasi, (4) Refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Inpres Salabenda tahun pelajaran 2013-2014. Subyek penelitian adalah 10 orang siswa.Data dikumpul melalui lembar observasi, tes hasil tindakan diolah menggunakan pengolahan analisa kualitatif. Rumus hipotesis dalam penelitian ini Pemanfaatan Media Gambar pada siswa kelas IV SD Inpres Salabenda dapat ditingkatkan melalui media gambar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis tindakan dapat diterima, dimana indikator kinerja yang ditetapkan baik ketuntasan individu (65%) maupun klasikal (70%) telah tercapai dimana prosentase hasil penelitian pada siklus dua diperoleh ketuntasan individu (80%) dan ketuntasan secara klasikal diperoleh (80%). Kata Kunci:  Pemanfaatan Media Gambar,Hasil Belajar IPS
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016