Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 4, No 12 (2016): Jurnal Kreatif Tadulako Online

Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Melalui Belajar Kelompok Pada Siswa Kelas V SD Inpres Kayuku Rahmat

Sainudin, Sainudin ( FKIP UNTAD)
Jamaludin, Jamaludin (Unknown)
Palimbong, Anthonius (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Feb 2015

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya minat belajar siswa pada mata Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) maka rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah minat belajar PKn dapat ditingkatkan melalui belajar kelompok di kelas V SD Inpres Kayuku Rahmat? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) melelui belajar kelompok di kelas V SD Inpres Kayuku Rahmat.dapat meningkat melalui Belajar Kelompok. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, metode yang yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan menggunakan jenis data kualitatif. Melalui langkah-langkah pengumpulan, pengolahan, penganalisaan, dan penyajian data dengan tehknik observasi dan evaluasi. Adapun pelaksanaan menggunakan metode pembelajaran belajar kelompok dalam meningkatkan minat belajar siswa dan dilakukan melalui empat tahap yakni (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa tindakan yang dilakukan untuk meningkatkan minat belajar siswa pada siklus pertama dengan perolehan nilai rata-rata 2 (kurang meningkat) da nada peningakatan pada siklus kedua dengan perolehan nilai rata-rata siswa 4 (sangat meningkat), sehingga peneliti ini dinyatakan berhasil dan hipotesis dalam penelitian ini diterima. Kata Kunci: Minat Belajar, pembelajaran PKn, belajar kelompok.

Copyrights © 2016