Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 5, No 2 (2017): Jurnal Kreatif Tadulako Online

Peningkatan Kemempuan Siswa Membaca Permulaan Melalui Metode Permainan Bahasa di Kelas I SDN Mire

Yawu, Surfin ( FKIP UNTAD)
Efendi, Efendi (Unknown)
Barasandji, Saharudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Mar 2015

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini difokuskan pada peningkatan kemampuan siswa membaca permulaan melalui metode permainan bahasa di kelas I SDN Mire Kecamatan Ulubongka Kabupaten Tojo Una-una. Adapun tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan membaca melalui metode permainan bahasa di kelas I SDN Mire Kecamatan Ulubongka Kabupaten Tojo Una-una. Rancangan penelitian ini dilaksanakan secara bertahap yaitu meliputi 4 tahap: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan data kuantitatif yaitu data yang diperoleh dari hasil pekerjaan siswa melalui penggunaan bentuk-bentuk kata pada siswa kelas I SDN Mire Tahun Pelajaran 2014/2015 yang dilakukan dengan cara observasi dan evaluasi. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode permainan bahasa dengan penggunaan media kartu-kartu huruf. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis tindakan dapat diterima dengan hasil tes awal 40% meningkat 15% menjadi 55% pada siklus I. Pada saat tes akhir siklus II meningkat 30% menjadi 85%. Dari hasil yang didapatkan, maka pembelajaran membacapermulaan siswa kelas I SDN Mire Kecamatan Ulubongka Kabupaten Tojo Una-una dinyatakan tuntas. Kata Kunci: Membaca Permulaan, Ketrampilan Membaca, Permainan Bahas

Copyrights © 2017