Dirasah : Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam
Vol 5 No 2 (2022): Dirasah: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam

KECERDASAN INTRAPERSONAL SEBAGAI KEMAMPUAN DASAR INTERAKSI SISWA SD PADA PEMBELAJARAN IPS

Istianah, Istianah (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2022

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk untuk membahas secara konsepsi mengenai kecerdasan intrapersonal yang harus dimiliki oleh siswa SD sebagai kemampuan dasar untuk berinteraksi dalam pembelajaran IPS di kelas. Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka, yaitu mengkaji teori kecerdasan intrapersonal yang dapat dijadikan sebagai kemampuan dasar siswa untuk berinteraksi dalam pembelajaran IPS. Usia dasar tingkat rendah merupakan dalam rangka perkembangan kecerdasan intra personal yang diangggap menjadi peran penting. Hal ini membuat guru untuk sangat vocal membantu mengembangkan kecerdasan interpersonal di sekolah. Kecerdasan intrapersonal merupakan bagian dari kecerdasan emosional. Kecerdasan emosional meliputi cerdas dalam menyadari emosi, perasaan, dan motivasi diri. Kecerdasan intrapersonal jika diterapkan dapat mempengaruhi nilai siswa baik dari segi kognitif, afektif, dan psikomotor. Jenis kecerdasan intrapersonal yang dapat diraih oleh siswa sebagai dasar interaksi dalam pembelajaran IPS adalah dapat menganalisis kelebihan dan kekurangan yang ada pada dirinya, dapat menganalisis ide yang dihasilkan, memiliki kesadaran diri, memahami motivasi dan perasaan diri sendiri.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurdir

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Dirasah adalah jurnal pemikiran dan pendidikan dasar islam, tema yang dibahas sangt relevan dengan dunia kependidikan dasar islam dan menjadi bahan referensi internal terutama pada studi pendidikan guru madrasah ibtidaiyah, meliputi bidang pembelajaran bahasa Indonesia, matematika, kewarganegaraan, ...