Tulisan ini bertujuan untuk untuk membahas secara konsepsi mengenai kecerdasan intrapersonal yang harus dimiliki oleh siswa SD sebagai kemampuan dasar untuk berinteraksi dalam pembelajaran IPS di kelas. Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka, yaitu mengkaji teori kecerdasan intrapersonal yang dapat dijadikan sebagai kemampuan dasar siswa untuk berinteraksi dalam pembelajaran IPS. Usia dasar tingkat rendah merupakan dalam rangka perkembangan kecerdasan intra personal yang diangggap menjadi peran penting. Hal ini membuat guru untuk sangat vocal membantu mengembangkan kecerdasan interpersonal di sekolah. Kecerdasan intrapersonal merupakan bagian dari kecerdasan emosional. Kecerdasan emosional meliputi cerdas dalam menyadari emosi, perasaan, dan motivasi diri. Kecerdasan intrapersonal jika diterapkan dapat mempengaruhi nilai siswa baik dari segi kognitif, afektif, dan psikomotor. Jenis kecerdasan intrapersonal yang dapat diraih oleh siswa sebagai dasar interaksi dalam pembelajaran IPS adalah dapat menganalisis kelebihan dan kekurangan yang ada pada dirinya, dapat menganalisis ide yang dihasilkan, memiliki kesadaran diri, memahami motivasi dan perasaan diri sendiri.
Copyrights © 2022