JIAGABI
Vol 7, No 3 (2018): JIAGABI

ANALISIS PEMASARAN DAN PENGEMBANGAN VALUE ADDED DENGAN PEMANFAATAN UDANG SEBAGAI PRODUK OLAHAN (STUDI KASUS PADA UD. AGUNG JAYA GRESIK)

Anita Astini Hidayah (Universitas Islam Malang)
Siti - Saroh (Universitas Islam Malang)
ratna nikin hardati (Universitas Islam Malang)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran strategi pemasaran dalam pemanfaatan udang sebagai produk olahan serta mengetahui nilai tambah (value added) pada olahan udang yang dijadikan sebagai petis udang pada UD. Agung Jaya Gresik.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik obesevasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan analisis data deskriptif dengan melalui alur kegiatan yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder.Hasil penelitian menunjukkan: 1) Strategi produk yang ada pada UD. Agung Jaya Gresik yaitu tetap memperhatikan kualitas produk yang menjamin mutu terbaik, serta penampilan yang menarik guna mempengaruhi konsumen untuk membelinya. 2) Strategi harga lebih menetapkan harga jual yang sesuai dengan produk yang ditawarkan oleh pelaku usaha sendiri serta melakukan kalkulasi harga yakni dengan membandingkan harga bahan-bahan yang digunakan dalam proses produksi. 3) Strategi promosi yang dilakukan pada UD. Agung Jaya Gresik yaitu dengan menggunakan personal selling dan publisitas. 4) UD. Agung Jaya Gresik pada saluran distribusinya yakni menjual langsung ke konsumen dan ke para tengkulak yang sudang menjadi langganan tempat usaha. 5) Value added (nilai tambah) yang ada pada UD. Agung Jaya Gresik ini adalah adanya bahan baku dalam proses produksi.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jiagabi

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Social Sciences

Description

jurnal JIAGABI VOLUMI 1 no. 1 TAHUN 2012 berisi 8 jurnal, diantaranya: Peranan Koperasi Dalam Meningkatkan Perekonomian Usaha Mikro Kecil (UMK) (Studi Pada Koperasi Nilam Sejahtera di Kecamatan Randu Agung Kabupaten Lumajang) oleh Dina Sapta Nurwijayati, Siti Saroh, Ratna Nikin Hardati; Pengaruh ...