Abstrak : Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis pada materi lingkaran ditinjau dari resiliensi matematis peserta didik kelas VIII MTS S.A. Al-Mustaqim Lawang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sampel penelitian yaitu peserta didik kelas VIII MTS S.A. Al-Mustaqim sebanyak 16 peserta didik. Dan instrument yang digunakan adalah angket resiliensi matematis, tes kemampuan komunikasi matematis dengan pokok bahasan lingkaran, serta pedoman wawancara. Berdasarkan hasil penelitian kesimpulan yang diperoleh dari penelitian menunjukkan bahwa pada peserta didik yang memiliki tingkat resiliensi matematis yang tinggi mampu mengerjakan soal tes kemampuan matametis dengan sangat baik dan memenuhi hamper seluruh indikator dari kemampuan komunikasi matematis, lalu peserta didik dengan tingkat resiliensi sedang dapat memenuhi beberapa indikator dari tes kemampuan komunikasi matematis dan dapat mengerjakan tes engan cukup baik, sedangkan peserta didik dengan tingkat resiliensi matematis yang rendah tidak dapat menyelesaikan soal tes kemampuan dengan baikdan tidak dapat memenuhi seluruh indikator dengan baik.Kata kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Resiliensi Matematis
Copyrights © 2021