Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Vol 17, No 12 (2022): Jurnal Penelitian,Pendidikan, dan Pembelajaran

Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Materi Program Linear Kelas XI SMA Surya Buana

Nasiyatun Nahdia (Unknown)
Abdul Halim Fathani (Unknown)
Yayan Eryk Setiawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2022

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita matematika kelas XI SMA Surya Buana. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitati dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SMA Surya Buana. Subjek penelitian terdiri dari tiga peserta didik yang dipilih secara purposive berdasarkan hasil tes kemampuan berpikir kritis. Teknik pengumpulan data yang diguanakan adalah tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Subjek dengan kategori kemampuan berpikir kritis tinggi hanya mampu memenuhi dua indikator kemampuan berpikir kritis dengan baik dan lengkap yakni indikator interpretasi (interpretation)dan analisis (analysis). 2) Subjek dengan kategori kemampuan berpikir kritis sedang tidak mampu memenuhi semua indikator kemampuan berpikir kritis dengan baik dan lengkap diantaranya interpretasi (interpretation), analisis (analysis), evaluasi (evaluation), inferensi (inference). 3) Subjek dengan kategori kemampuan berpikir kritis rendah, juga tidak mampu memenuhi semua indikator kemampuan berpikir kritis dengan baik dan lengkap diantaranya interpretasi (interpretation), analisis (analysis), evaluasi (evaluation), inferensi (inference).Kata kunci: kemampuan berpikir kritis, soal cerita matematika, program linear. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jp3

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JP3 adalah Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran yang terbit dua kali setahun pada bulan Pebruari dan September, berisi artikel hasil penelitian dan non penelitian bidang pendidikan dan pembelajaran. Tulisan yang akan dimuat adalah artikel ilmiah hasil penelitian atau artikel ilmiah non ...