Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Vol 17, No 7 (2022): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK PADA MATERI BANGUN RUANG PRISMA DITINJAU DARI SELF REGULATED LEARNING KELAS VIII MTs DARUL ULUM BANGKALAN

Ulfadilah Ulfadilah Ulfadilah (Unknown)
Surahmat Surahmat (Unknown)
Abdul Halim Fathani (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2022

Abstract

Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis peserta didik pada materi bangun ruang prisma ditinjau dari self regulated learning kelas VIII SMP MTs Darul Ulum Bangkalan, dan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan penalaran matematis peserta didik pada materi bangun ruang prisma ditinjau self regulated learning kelas VIII MTs Darul Ulum Bangkalan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek dalam penelitian adalah peserta didik kelas VIII A MTs Islam Darul Ulum Bangkalan yang berjumlah 6. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari instrumen utama dan instrumen pendukung yaitu angket, tes soal, dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa: (1) Kemampuan penalaran matematis peserta didik yang memiliki self regulated leraning tinggi dapat memenuhi semua indikator kemampuan penalaran matematis, yaitu a) peserta didik mampu menganalisis situasi matematik, b) peserta didik mampu merencanakan proses penyelesaian, c) peserta didik mampu mememecahkan persoalan dengan langkah yang sistematis, dan d) peserta didik mampu enarik kesimpulan yang logis, (2) Kemampuan penalaran matematis peserta didik yang memiliki self regulated learning sedang hanya mampu memenuhi dua indikator kemampuan penalaran matematis, yaitu a) peserta didik mampu menganalisis situasi matematik, b) peserta didik mampu merencanakan proses penyelesaian, (3) Kemampuan penalaran matematis peserta didik yang memiliki self regulated learning rendah hanya mampu memenuhi satu indikator kemampuan pemecahan masalah matematis, yaitu a) peserta didik mampu menganalisis situasi matematik. Kata Kunci: kemampuan penalaran matematis, bangun ruang prisma, self regulated learning

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jp3

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JP3 adalah Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran yang terbit dua kali setahun pada bulan Pebruari dan September, berisi artikel hasil penelitian dan non penelitian bidang pendidikan dan pembelajaran. Tulisan yang akan dimuat adalah artikel ilmiah hasil penelitian atau artikel ilmiah non ...