Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis peserta didik pada materi bangun ruang prisma ditinjau dari self regulated learning kelas VIII SMP MTs Darul Ulum Bangkalan, dan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan penalaran matematis peserta didik pada materi bangun ruang prisma ditinjau self regulated learning kelas VIII MTs Darul Ulum Bangkalan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek dalam penelitian adalah peserta didik kelas VIII A MTs Islam Darul Ulum Bangkalan yang berjumlah 6. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari instrumen utama dan instrumen pendukung yaitu angket, tes soal, dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa: (1) Kemampuan penalaran matematis peserta didik yang memiliki self regulated leraning tinggi dapat memenuhi semua indikator kemampuan penalaran matematis, yaitu a) peserta didik mampu menganalisis situasi matematik, b) peserta didik mampu merencanakan proses penyelesaian, c) peserta didik mampu mememecahkan persoalan dengan langkah yang sistematis, dan d) peserta didik mampu enarik kesimpulan yang logis, (2) Kemampuan penalaran matematis peserta didik yang memiliki self regulated learning sedang hanya mampu memenuhi dua indikator kemampuan penalaran matematis, yaitu a) peserta didik mampu menganalisis situasi matematik, b) peserta didik mampu merencanakan proses penyelesaian, (3) Kemampuan penalaran matematis peserta didik yang memiliki self regulated learning rendah hanya mampu memenuhi satu indikator kemampuan pemecahan masalah matematis, yaitu a) peserta didik mampu menganalisis situasi matematik. Kata Kunci: kemampuan penalaran matematis, bangun ruang prisma, self regulated learning
Copyrights © 2022